Follow detikFinance
Rabu, 20 Jun 2018 20:28 WIB

Pelaku Industri Ritel Prediksi Penjualan Hingga Akhir Tahun Naik 15%

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Tim Infografis: Kiagoos Auliansyah Foto: Tim Infografis: Kiagoos Auliansyah
Jakarta - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) memprediksi penjualan ritel hingga akhir 2018 meningkat hingga 15%, lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya, yakni di bawah 10%.

Penasihat Aprindo, Handaka Santosa mengatakan perkiraan tersebut berdasarkan peningkatan yang telah terjadi di Lebaran. Kemudian di kegiatan besar seperti Asian Games, IMF-World Bank.

"Jadi kami tetap yakin mencapai di atas 15%. Perkiraan kami benar-benar tumbuh karena tengah tahun ini Lebaran saja sudah mencapai 18% sampai 20% yoy (year on year) itu yang kami catat. Sisanya ini kami punya liburan sekolah, event khusus Asian Games, IMF-World Bank dan ada Natal, tahun baru jadi positif lah," katanya kepada detikFinance, Rabu (20/6/2018).


Lebih lanjut, ia memaparkan dengan adanya penjualan ritel yang baik hal tersebut akan berdampak ke sektor lain, seperti hulu. Sehingga bisa meningkatkan ekonomi Indonesia.

"Pertumbuhan ritel harus dijaga karena kalau meningkat kan order ke pabrikan meningkat kalo garmen kan juga pesan barang mentah kain dan tenaga kerja jadi bertambah ini berdampak ke hal lain," imbuhnya.


Penjualan ritel bisa mencapai 15% bisa terjadi asal, kata Handaka, pemerintah tetap menjaga suasana perdagangan kondusif. Sebab, bila tidak hal itu akan memengaruhi peningkatan penjualan.

"Asalkan pemerintah tetap menjaga suasana kondusif ya," tegasnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed