Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 24 Okt 2018 14:57 WIB

Soal Produksi Mobil Esemka, Jokowi: Jangan Dipikir Saya yang Bikin

Hendra Kusuma - detikFinance
Presiden RI Joko Widodo di Trade Expo Indonesia ke-33/Foto: Rengga Sancaya Presiden RI Joko Widodo di Trade Expo Indonesia ke-33/Foto: Rengga Sancaya
Tangerang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya buka-bukaan terkait dengan nasib mobil Esemka yang belakangan ini menjadi bahan perdebatan di beberapa kalangan.

Banyak yang menanyakan bahwa mobil Esemka hanya menjadi bahan politik menjelang Pilpres 2019. Bahkan, ada pula yang menanyakan mengenai fisik produknya.

Menanggapi itu, Jokowi mengaku dirinya hanya sebatas mendorong program mobil Esemka selagi menjabat sebagai Wali Kota Solo.

"Mobil Esemka itu kan dulu itu produk uji coba dari prototipe dari anak-anak SMK yang dibantu oleh beberapa teknisi dari perusahaan-perusahaan besar. Kemudian jadi yang namanya mobil Esemka," kata Jokowi di ICE BSD, Banten, Rabu (24/10/2018).


"Ya kan bagus dan saya saat itu menjadi Wali Kota hanya mendorong. Jangan dipikir saya yang membuat mobil Esemka," tambah dia.

Jokowi melanjutkan, keberlanjutan produksi mobil Esemka pun bukan tanggung jawab pemerintah, tugas dari pemerintah adalah hanya mendorong agar ada pihak swasta yang bantu menggarap.

"Tugas pemerintah hanya itu, setelah jadi ya diserahkan kepada industri mau diproduksi atau tidak produksi ya bukan urusan kita lagi," papar dia.

"Masa presiden mau buat pabrik sendiri bikin mobil Esemka sendiri, yang bener aja kamu itu gimana sih itu," sambung dia.


Meski demikian, Jokowi memastikan bakal hadir untuk meresmikan jika produk mobil tersebut benar-benar jadi dan diproduksi secara massal.

"Pemerintah tidak ikut campur di situ (produksi). Tetapi kalau itu jadi saya pasti datang dan akan saya buka karena itu jelas brand dan principal Indonesia," ungkap dia.





Tonton juga 'Pak Jokowi, Sandi Harap Mobil Esemka Benar-benar Diproduksi':

[Gambas:Video 20detik]

(hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed