Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 04 Feb 2019 14:58 WIB

Ombudsman: Kita Temukan Gula Impor Banyak Rembes ke Pasar

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi gula rafinasi/Foto: Ari Saputra Ilustrasi gula rafinasi/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Ombudsman menemukan gula rafinasi yang diimpor untuk industri rembes ke pasar. Anggota Ombudsman Ahmad Alamsyah Saragih mengatakan, pihaknya mendapati rembesan gula impor tersebut berdasarkan hasil investigasi.

"Kita investigasi, kita temukan di lapangan gula impor banyak yang merembes ke pasar," katanya dalam konferensi pers di kantornya, Senin (4/1/2019).


Dia mengatakan, gula impor untuk industri yang masuk pasar ini bisa dilihat ciri-cirinya dari barcode yang tertera di kemasan.

Dari situ akan terlacak peruntukan gula tersebut yang sebenarnya hanya untuk kebutuhan industri, bukan untuk konsumsi masyarakat secara langsung.

"Kan pakai barcode ya di situ kan. Tiba tiba kok masuk ke pasar. Padahal kan itu untuk industri," jelasnya.


Untuk diketahui, impor gula rafinasi untuk industri dilakukan melalui mekanisme Pasar Lelang Gula Kristal Rafinasi (GKR). Dengan sistem ini, pemerintah menjamin pengawasan yang lebih akurat karena sistem ini dilengkapi dengan barcode elektronik (e-barcode).

Kode yang terkandung dalam e-barcode mengandung informasi dan histori perdagangan GKR yang lengkap dan akurat, mulai dari proses importasi bahan baku, produksi, penjualan, pembelian, serta distribusi gula. Berdasarkan hal itu, maka gula impor untuk industri yang masuk pasar bisa diketahui.

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed