Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 11 Feb 2019 12:24 WIB

Soal Industri 4.0, Menteri PUPR: Nggak Mungkin Menteri Diganti Robot

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani Foto: Trio Hamdani
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta anak buahnya tak mengkhawatirkan perkembangan zaman yang ditandai dengan era industri 4.0, di mana teknologi informasi berkembang pesat.

Basuki mengatakan, peran teknologi tidak akan menggantikan peran manusia seutuhnya dalam pekerjaan.

"Jadi yang namanya 4.0 saya nggak kuasai, tapi ini pasti berhubungan dengan beyond internet. Bukan berarti 4.0 meniadakan SDM. Justru di belakangnya 4.0 ini SDM handal," kata Basuki saat membuka Pameran PUPR 4.0 EXPO di kantornya, Senin (11/2/2019).

"Nggak mungkin semua robot menggantikan manusia. Jangan khawatir dengan 4.0 PU (Kementerian PUPR) nggak nerima pegawai. Nggak mungkin menteri itu (diganti) robot," lanjutnya.



Dalam acara tersebut, Basuki mengingatkan SDM di Kementerian PUPR mengevaluasi penerapan teknologi di lingkungan kementerian.

"Mengevaluasi seberapa canggihnya PUPR ini memanfaatkan fasilitas IT yang sudah berkembang pesat. Di luar, organisasi lain sudah banyak sekali kita mendengar dan mendapatkan informasi. Tapi apa yang sudah kita lakukan," ujarnya.

Basuki juga meminta anak anak muda di lingkungan Kementerian PUPR lebih berperan aktif.

"Harapannya anak-anak muda bisa melihat inovasi dan melihat apa yang bisa kita buat. Jadi kita tidak hanya tender atau pelaksanaan fisik saja sehingga intellectual exercise," tambahnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed