Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 06 Mar 2019 10:00 WIB

Sudah Rampung, Aturan Mobil Listrik Segera Terbit

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Halaman 1 dari 2
Foto: Fuad Hasim Foto: Fuad Hasim
Jakarta - Mimpi Indonesia untuk mengembangkan kendaraan berbahan bakar non fosil yakni mobil listrik segera terwujud. Sebab, aturan terkait mobil ramah lingkungan ini segera terbit.

Aturan yang disiapkan pemerintah berupa Peraturan Presiden (Perpres). Perpres ini akan menjadi landasan dalam pengembangan mobil listrik.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Rancangan Perpres sudah rampung. Rancangan itu sudah tiba di 'mejanya' dan siap diteken sebagai pengantar untuk diserahkan ke Kementerian Sekretariat Negara (Setneg).

"Tadi sudah serahin ke saya, sudah selesai, tanggal 5 kan hari ini, sudah beres," kata Luhut di kantornya, Selasa (5/3/2019).

Menurut Luhut, kemungkinan rancangan itu tak dibahas lagi melalui rapat terbatas (ratas).

"Mungkin nggak ratas, langsung ke Setneg mungkin karena sudah diperiksa. Mudah-mudahan nggak ada yang masalah lagi," ujarnya.


Luhut bilang, aturan ini memuat insentif untuk mobil listrik. Meski, dirinya tak menerangkan secara rinci.

Dia juga tak menerangkan secara rinci kapan aturan ini diundangkan. Tapi, ia yakin dalam waktu dekat.

"Saya nggak tahu ya, nggak terlalu lama lah itu," sambungnya.

Sejatinya, mobil listrik menarik minat investor. Salah satu investor yang menyatakan minat mengembangkan mobil tanpa bensin ini ialah Grab bersama pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai.

Pertengahan Februari 2019 lalu, Luhut sempat bertemu CEO Grab Anthony Tan. Usai pertemuan itu, Luhut menceritakan rencana investasi Grab dan Hyundai.

"Grab, dia mau masuk ke sini (Indonesia) dengan Hyundai. Menyangkut mobil listrik," kata Luhut.

Saat itu, Luhut belum bisa menjelaskan lebih jauh rencana investasi Grab dan Hyundai. Sebab, baru pertama kali bertemu. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed