Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 09 Mar 2019 16:52 WIB

Jokowi Minta Semua Daerah Gunakan Aspal Campur Karet

Andhika Prasetia - detikFinance
Foto: andhika/detikcom Foto: andhika/detikcom
Palembang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerapkan penggunaan karet pada aspal seluruh jalan di Indonesia. Hal itu disampaikannya di depan para petani karet saat kunjungan kerja di Palembang.

"Saya perintahkan dengan Menteri PU (Basuki Hadimuljono), 'Pak, sekarang ngaspal jalan jangan hanya pakai aspal. Campur dengan karet'. Sudah dicoba di Sumsel, Riau, dan Jambi. Sudah dicoba dan hasilnya bagus," kata Jokowi di Kantor Balai Penelitian Sembawa, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Sabtu (9/3/2019).

Jokowi mengaku tak masalah mendapatkan harga karet yang digunakan untuk aspal jalan sedikit lebih mahal. Dengan hasil yang ternyata baik, dia meminta semua provinsi di Indonesia menerapkan aspal karet.

"Sekarang jangan hanya di tiga provinsi. Perintahkan semua provinsi kalau aspal jalan pakai karet. Sehingga kita tidak bergantung pada pasar luar negeri. Salah satunya kita akan pakai karet untuk aspal," kata Jokowi.


Dia juga meminta Menteri Perindustrian agar tak terlalu banyak mengirim bahan mentah karet ke luar negeri. Dia ingin agar terjadi hilirisasi industri karet agar pasar karet dalam negeri tak diatur dunia.

"Kelihatan setok banyak, tahan dulu, harga jatuh baru dibeli. Kita ingin industri yang berkaitan dengan bahan baku karet, entah ban, sarung tangan, dll," ungkapnya.

"Kita paksa BUMN kita juga, PTPN dan lain-lain untuk beli karet rakyat. Beli dengan harga yang baik. Simpan dulu nggak apa-apa. Namun beli dengan harga baik. Suatu saat harga dunia karena barang nggak ada, baru dilepas. Sehingga petani tahu keuntungan dari BUMN. Saya perintahkan 3 ini," tambah Jokowi.



Jokowi Minta Semua Daerah Gunakan Aspal Campur Karet
(eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com