Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 11 Mar 2019 17:59 WIB

Sulawesi Tenggara Ekspor Perdana Kakao 80 Ton ke Belanda

Sitti Harlina - detikFinance
Foto: Sitti Harlina/detikcom Foto: Sitti Harlina/detikcom
Kendari - Untuk pertama kalinya, Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil untuk mengekspor komoditas pertanian miliknya. Sebanyak 80 ton kakao milik PT Kalla Kakao Industri diekspor melalui Pelabuhan New Port Bungkutoko Kendari, Senin (11/3/2019).

Belanda menjadi negara tujuan ekspor perdana yang dilakukan Sultra. Selain Kakao, Sultra juga mengekspor ikan tuna dan gurita sebanyak 36.900 kilogram (kg) yang merupakan milik PT Sultra Tuna Mandiri dengan negara tujuan Amerika Serikat (AS).


Gubernur Sultra, Ali Mazi mengapresiasi atas ekspor perdana yang dilakukan hari itu. Pasalnya, selama ini Sultra belum pernah melakukan ekspor langsung ke negara-negara tertentu.

"Saya sangat mengapresiasi khususnya kepada kedua perusahaan yang mau memperhatikan komoditas andalan kita dari pertanian dan perikanan," katanya.


Menurutnya, ekspor perdana yang telah dilakukan hari itu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Pasalnya, tangan-tangan lokal sudah bisa memproduksi hasil dari sumber daya alam (SDA) untuk dipasarkan ke luar negeri.

Ia juga mendorong para pelaku usaha untuk melakukan ekspor dengan menggalakkan Ayo Galakkan Ekspor (AGRO) Gemilang 2019. Ali Mazi berharap agar ke depannya, para pelaku usaha semakin berkembang dan kreatif. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed