Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 21 Mar 2019 14:05 WIB

RI Pamer Barang Lokal Go Internasional di Kemayoran

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Puti Aini Yasmin/detikcom Foto: Puti Aini Yasmin/detikcom
Jakarta -
Indonesia pamerkan produk andalan ekspor di bidang perkeretaapian pada acara RailwayTech Indonesia 2019. Dalam acara tersebut dipamerkan teknologi dan produk dalam bidang perkeretaapian yang go internasional.
Setidaknya ada dua produk andalan ekspor Indonesia di bidang perkeretaapian yang dipamerkan di pameran ini. Yaitu kereta penumpang yang menjadi hasil ekspor utama PT Industri Kereta Api (INKA) dan komponen rangkaian gerbong yang diekspor oleh PT Barata Indonesia.
Tino, salah satu humas Barata yang juga menjaga booth perusahaannya di pameran ini mengatakan bahwa Barata telah mengekspor komponen rangkaian gerbong kereta sejak 2015 lalu ke Amerika Serikat.

"Kami ekspor rangka gerbong, seenggaknya setiap minggu ada 12 kontainer ke Amerika. kami lakukan ekspor sejak tahun 2015," ungkap Tino di Hall D JI Expo, Jakarta, Kamis (21/3/2019).
Tino mengungkapkan kelebihan produk asal Indonesia ini, salah satunya adalah usia pakai yang awet hingga 20 tahun. Selain itu menurutnya, Indonesia memimpin dalam penjualan komponen gerbong kereta ini.
"Kelebihannya ini usia pakai 20 tahun. Hanya Barata sendiri se ASEAN yang ekspor ke Amerika, saingan kita Cina dan India," ungkap Tino.
Lain Tino, lain lagi Lina dari PT INKA, Lina menjelaskan dalam pameran ini INKA memamerkan barang yang berhasil dieskpor. Salah satunya adalah kereta penumpang yang diekspor ke Bangladesh.

"Ini (kereta penumpang) yang menjadi kebanggaan kita. Terakhir itu INKA lagi bikin pesanannya dari Bangladesh," ungkap Lina.
Lina menjelaskan setidaknya pada transaksi terakhir tercatat Bangladesh memesan 250 kereta penumpang dari Indonesia. "Terakhir tahun lalu Bangladesh minta 250 kereta ke kita," tambahnya.

RI Pamer Barang Lokal Go Internasional di KemayoranFoto: Luthfy S
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed