Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 26 Jul 2019 10:17 WIB

Laporan dari Stockholm

IKEA Buka Gerai di Kota Baru Parahyangan November 2020

Erna Mardiana - detikFinance
Foto: Ari Saputra
Stockholm - Perusahaan ritel IKEA asal Swedia akan menambah gerainya di Indonesia. Selain di Cakung Jakarta Timur, gerai baru IKEA juga akan dibangun di Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat.

Groundbreaking telah dilakukan pada Maret lalu. Sementara untuk konstruksi dimulai September.

"Kami menargetkan pembangunan selesai November 2020," ujar Presdir PT Hero Tbk Ingemar Patrik Lindvall saat menerima kunjungan dari Pemprov Jawa Barat di Stockholm, Kamis (25/72019).


Sementara itu menurut Kim Lindell Manajer Pembelian dan Logistik IKEA area Asia Tenggara mengatakan saat ini IKEA di Indonesia telah melibatkan 39 ribu pekerja mulai dari desain, produksi hingga penjualan. Di mana ada 12 supplier.

Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan yang ikut dalam rombongan mengatakan gerai IKEA baru dibangun di dekat Bale Pare Kota Baru Parahyangan dengan luas lahan sekitar 5 hektare.

"Kami sih berharap dengan adanya IKEA ini bisa menampung dan juga memprioritaskan tenaga kerja lokal sehingga menggerakkan perekonomian warga sekitar," ujarnya.

Hengky juga berharap IKEA bisa mendukung working space yang akan dikembangkan oleh Pemda.

"Tempatnya sih sudah ada. Tentunya akan sangat menarik apabila IKEA mau men-support interiornya. Saya ingin banyak working space di Bandung Barat yang bisa dimanfaatkan gratis oleh masyarakat," katanya.


Sementara itu ditemui tempat terpisah usai rapat dengan sejumlah investor, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan akan membujuk IKEA untuk juga investasi di hotel.

"Saya akan minta mereka bangun hotel dengan interior semua produk IKEA. Kan bagus sekali itu," ujarnya.

Sementara itu, saat mengunjungi IKEA, tim west java creative craft sempat memperkenalkan berbagai produk kerajinan Jabar. Dengan harapan hal itu bisa masuk ke gerai IKEA di Indonesia.

Saat ini beberapa produk Indonesia yang sudah masuk ke IKEA di antaranya boneka dan kursi rotan.

Simak Video "Pemprov Jabar Bikin Aplikasi Pantau Sebaran Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(ern/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com