Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 19 Agu 2019 14:07 WIB

RI Punya Pabrik Kereta Lagi Tahun Depan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
PT INKA/Foto: Sugeng Harianto PT INKA/Foto: Sugeng Harianto
Jakarta - PT INKA (Persero) terus mengebut pembangunan pabrik kereta di Banyuwangi, Jawa Timur. Saat ini, progres pembangunan pabrik tersebut telah mencapai 26%.

Direktur Utama INKA Budi Noviantoro mengatakan, pabrik ini diharapkan rampung bertepatan dengan ulang tahun INKA di tahun depan. INKA, kata dia, berulang tahun pada 29 Agustus 2020 mendatang.

"Progresnya 26% mudah-mudahan pas ulang tahun INKA 2020 selesai, saya pikir lebih maju. Kemarin Bu Menteri ke sana sudah, beliau senang, karena progres bagus, akses bagus," katanya di Kementerian BUMN Jakarta, Senin (19/8/2019).


Pembangunan pabrik baru ini dilakukan karena kapasitas pabrik di Madiun sudah tidak memadai, sehingga perusahaan perlu menambah kapasitas produksi.

"Targetnya sekarang di Madiun (produksi) 1,5 kereta sehari, average, kalau di sana (Banyuwangi) 3-4 kereta kapasitasnya kalau semua sudah operasi," terangnya.

Lanjutnya, alasan dipilihnya Banyuwangi untuk pabrik baru karena berdekatan dengan pelabuhan. Hal itu memudahkan perusahaan untuk ekspor.

"Kalau di Madiun kalau saya ke Bangladesh ekspor, itu dari Madiun dibawa ke Tanjung Perak, dulu sebelum tol ada 2-3 hari sampainya, sekarang 8 jam sampai," terangnya.

"Kalau Banyuwangi langsung, kita buat akses keluar pelabuhan, kira-kira hanya 2 km-1,5 km," tutupnya.



Simak Video "Asyik! November 2019, LRT Siap Beroprasi"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com