Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 28 Agu 2019 19:18 WIB

Skema Panjang Krakatau Steel Lunasi Utang Rp 28 T ke Sederet Bank

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Krakatau Steel (istimewa)
Jakarta - Para perbankan yang menjadi kreditur sindikasi PT Krakatau Steel tbk (KRAS) akan melakukan penandatangan perjanjian kredit (PK). Perjanjian itu dalam rangka restrukturisasi utang KRAS yang mencapai US$ 2 miliar dolar atau setara Rp 28,5 triliun.

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar menjelaskan, penyelesaian utang KRAS tersebut akan dilakukan dalam 3 tahapan. Tranche A yang dilakukan kas perusahaan, Tranche B yang berasal dari penjualan aset dan Tranche C pembayaran yang dilakukan seiring dengan perbaikan kinerja termasuk di dalamnya menerbitkan convertible bond.

"Untuk Tranche A tenornya 8-10 tahun, Tranche B 3 tahun, untuk Tranche C nanti agak panjang karena ada unsur convertible bond," ujarnya di Menara Mandiri, Jakarta, Rabu (28/8/2019).


Dari total seluruh utang yang ada di KRAS paling besar porsinya Bank Mandiri. Besarannya sekitar Rp 7-8 triliun.

Dalam PK tersebut nantinya utang yang direstrukturisasi akan lebih ringan. Bunga yang ditetapkan nantinya hanya berkisar di bawah 5%.

Namun dalam PK, KRAS juga dituntut untuk memperbaiki kinerja operasionalnya. Sehingga para kreditur bisa menaruh kepercayaan bahwa KRAS akan bisa melunasi utangnya.



Simak Video "Krakatau Steel Dapat Keringanan Bayar Utang Senilai Rp 27 Triliun"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com