Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 28 Agu 2019 19:18 WIB

Skema Panjang Krakatau Steel Lunasi Utang Rp 28 T ke Sederet Bank

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Krakatau Steel (istimewa) Foto: Krakatau Steel (istimewa)
Jakarta - Para perbankan yang menjadi kreditur sindikasi PT Krakatau Steel tbk (KRAS) akan melakukan penandatangan perjanjian kredit (PK). Perjanjian itu dalam rangka restrukturisasi utang KRAS yang mencapai US$ 2 miliar dolar atau setara Rp 28,5 triliun.

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar menjelaskan, penyelesaian utang KRAS tersebut akan dilakukan dalam 3 tahapan. Tranche A yang dilakukan kas perusahaan, Tranche B yang berasal dari penjualan aset dan Tranche C pembayaran yang dilakukan seiring dengan perbaikan kinerja termasuk di dalamnya menerbitkan convertible bond.

"Untuk Tranche A tenornya 8-10 tahun, Tranche B 3 tahun, untuk Tranche C nanti agak panjang karena ada unsur convertible bond," ujarnya di Menara Mandiri, Jakarta, Rabu (28/8/2019).


Dari total seluruh utang yang ada di KRAS paling besar porsinya Bank Mandiri. Besarannya sekitar Rp 7-8 triliun.

Dalam PK tersebut nantinya utang yang direstrukturisasi akan lebih ringan. Bunga yang ditetapkan nantinya hanya berkisar di bawah 5%.

Namun dalam PK, KRAS juga dituntut untuk memperbaiki kinerja operasionalnya. Sehingga para kreditur bisa menaruh kepercayaan bahwa KRAS akan bisa melunasi utangnya.



Simak Video "Penyuap Eks Direktur Krakatau Steel Divonis 1 Tahun 9 Bulan Bui"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com