Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 31 Okt 2019 17:54 WIB

Fiat dan Peugeot Sepakat Merger

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Foto: Reuters/Benoit Tessier Foto: Reuters/Benoit Tessier
Jakarta - Perusahaan otomotif Fiat Chrysler dan induk Peugeot, PSA Group, telah sepakat untuk merger. Pernyataan ini disampaikan oleh kedua perusahaan melalui sebuah pernyataan bersama pada Kamis (31/10/2019).

Mengutip Reuters, Kamis (31/10), kedua perusahaan ini sepakat untuk menggabungkan kekuatan melalui pembentukan perusahaan induk baru, di mana baik Fiat maupun PSA masing-masing memegang 50% saham atas perusahaan baru tersebut.

"Dewan Pengawas Peugeot S.A. dan Dewan Direksi Fiat Chrysler Automobiles N.V. masing-masing dengan suara bulat sepakat untuk bekerja menuju kombinasi penuh dari bisnis mereka masing-masing dengan cara merger 50/50," kata perusahaan itu dalam pernyataan bersama, Kamis (1/11).


Fiat dan PSA mengatakan kalau mereka bertujuan untuk mencapai kesepakatan yang mengikat guna menciptakan perusahaan dengan nilai mencapai US$ 50 miliar atau Rp 700 triliun (kurs Rp 14.000). Perusahaan ini nantinya akan berdomisili di Belanda, dan tercatat di Paris, Milan dan New York.

Ke depannya dewan direksi perusahaan akan terdiri dari 11 anggota. Sebanyak lima anggota Dewan akan dicalonkan oleh FCA (termasuk John Elkann sebagai Ketua) dan lima akan dinominasikan oleh Groupe PSA (termasuk Direktur Independen Senior dan Wakil Ketua), di mana posisi CEO akan dipegang oleh Carlos Tavares untuk masa jabatan lima tahun pertama dan dia juga akan menjadi anggota Dewan.

"Konvergensi ini membawa nilai signifikan bagi semua pemangku kepentingan dan membuka masa depan yang cerah bagi entitas gabungan. Saya senang dengan pekerjaan yang sudah dilakukan dengan Mike dan akan sangat senang bekerja dengannya untuk membangun perusahaan yang hebat bersama," kata Carlos Tavares dalam sebuah pernyataan.


Tim manajemen FCA dan PSA akan berupaya menyelesaikan diskusi dalam beberapa minggu mendatang untuk menyelesaikan persiapan merger kedua perusahaan tersebut.

Ke depannya, grup gabungan ini akan mencakup merek Fiat, Dodge, Ram, Chrysler, Alfa Romeo, Maserati, Peugeot, DS, Opel, dan Vauxhall, yang memungkinkannya untuk melayani pasar mobil penumpang massal dan premium serta truk dan kendaraan komersial ringan.

Simak Video "Peugeot dan Fiat Merger, Jadi Produsen Mobil Terbesar ke-4 Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com