Duh! Produsen Susu Terbesar Ini Bangkrut

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 07 Jan 2020 17:31 WIB
Ilustrasi/Foto: Istimewa
Jakarta - Salah satu produsen susu tertua dan terbesar di Amerika Serikat (AS) Borden Dairy Co menyatakan bangkrut atau pailit pada Senin lalu. Borden Dairy Co produsen susu kedua yang mengajukan bangkrut dalam dua bulan terakhir.

Mengutip CNN, Selasa (7/1/2020), industri susu mengalami tekanan karena konsumsi yang jatuh dan secara bersamaan harga susu mengalami kenaikan. Imbasnya, produsen susu terjebak dalam utang.

Sebelumnya, Dean Foods, produsen susu terbesar di AS mengajukan bangkrut lebih awal pada 12 November.


Borden menyatakan bangkrut karena tidak mampu membayar utang dan kewajiban pensiunnya. Borden memiliki 3.300 karyawan di mana 22% di antaranya dilindungi oleh perjanjian perundingan bersama.

"Meskipun banyak pencapaian kami selama 18 bulan terakhir, perusahaan terus dipengaruhi oleh kenaikan biaya susu mentah dan tantangan pasar yang dihadapi industri susu," kata CEO Borden Tony Sarsam dalam sebuah pernyataan.

Untuk diketahui, perusahaan mendapat imbas dari penurunan konsumsi susu secara nasional sebanyak 6% sejak tahun 2015. Sejalan dengan itu, Borden mencatat lebih dari 2.700 peternakan sapi perah keluar dari bisnis tahun lalu. Lalu, sebanyak 94.000 telah berhenti memproduksi susu sejak 1992.

Dengan naiknya harga grosir susu karena pemasok yang lebih sedikit, dan harga susu eceran lebih lemah karena konsumsi yang lebih rendah, maka margin untuk pengolah susu seperti Borden menderita.


Lebih lanjut, Borden mencatat penjualan bersih US$ 1,2 miliar pada 2018, tetapi itu menghasilkan rugi bersih US$ 14,6 juta. Selanjutnya, dari Januari 2019 hingga 7 Desember, Borden melaporkan kerugian bersih US$ 42,4 juta.

Sebagai tambahan, perusahaan ini dirintis sebelum Perang Sipil AS ketika pendirinya Gail Borden, mengembangkan metode komersial pertama pada tahun 1856. Dia dan rekannya membuka pabrik di bagian utara New York pada tahun 1861 dan berkembang dengan memasok susu kental ke Union Army.

Pada 1930, Borden telah membeli lebih dari 200 perusahaan susu AS lainnya untuk menjadi distributor susu cair terbesar di negara itu.

Pada tahun 1936, 'Elsie the Cow' menjadi maskot iklan perusahaan. Elsie adalah pusat pemasarannya selama beberapa dekade yang akan datang dan diangkat sebagai salah satu dari 10 ikon iklan terbaik abad ke-20 oleh AdAge pada tahun 2000.

Duh! Produsen Susu Terbesar Ini Bangkrut


Simak Video "Pernah Berutang Rp 17 M, Kevin Aprilio Tak Kapok Bisnis Investasi "
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)