Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 13 Jan 2020 20:30 WIB

Teken Kerja Sama, Prabowo Incar Teknologi Alutsista Prancis

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Dok. KBRI Paris
Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengunjungi kantor Ministry of Armed Forces atau Kemenhan Prancis di Paris, Senin (13/1/2020). Prabowo bertemu dengan Menhan Prancis, Florence Parly untuk membahas kerja sama di bidang pertahanan, termasuk pengembangan alutsista.

"Saya mencatat bahwa sebagai dua mitra strategis, Indonesia-Prancis selama ini memiliki kerja sama pertahanan yang baik. Indonesia ingin terus tingkatkan kerja sama pertahanan, khususnya di bidang yang dapat perkuat alutsista TNI dan memajukan industri pertahanan Indonesia," kata Prabowo dalam keterangan KBRI Paris.

Prabowo dan Florence Parly sepakat menandatangani Perjanjian Kerja Sama Bidang Pertahanan atau DCA (Defense Cooperation Agreement). Targetnya, DCA dapat segera diselesaikan pada tahun ini sebagai framework kerja sama pertahanan.


Dalam perjanjian tersebut, Prabowo juga menyepakati kerja sama dalam bidang pelatihan dan pendidikan, pengembangan industri pertahanan, kerja sama dalam bidang sains dan teknologi industri pertahanan, kerja sama intelijen pertahanan, kerja sama peacekeeping operations, dan kerja sama misi kemanusiaan saat bencana, serta counter-terorism.

Teken Kerja Sama, Prabowo Incar Teknologi Alutsista PrancisFoto: Dok. KBRI Paris

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar RI untuk Prancis, Arrmanatha Christiawan Nasir menilai, Prancis merupakan negara yang memiliki teknologi pertahanan yang maju.

"Prancis sebagai negara yang memiliki industri pertahanan yang maju, dapat menjadi mitra strategis dalam upaya Indonesia memperkuat alutsista TNI serta mengakselerasi pengembangan industri pertahanan nasional, jelas Arrmanatha.


Menurutnya, kerja sama ini dapat mendorong industri pertahanan nasional sebagai bagian dari global production chain. Arrmanatha memaparkan, kerja sama RI-Prancis dalam bidang pertahanan ini bukanlah hal baru. Pada tahun 2017, kedua negara menyepakati Letter of Intent (LoI) atau Pernyataan Kehendak untuk peningkatan kerja sama pertahanan termasuk kerja sama kelautan dan keamanan maritim.

Sejak tahun 2013, Indonesia dan Prancis telah memiliki forum Dialog Pertahanan Indonesia-Prancis (Indonesia-France Defense Dialogue/IFDD) yang diselenggarakan setiap tahun. Melalui Dialog tersebut, fokus area kerja sama dan pembahasan meliputi bidang seperti pelatihan dan pendidikan, saling kunjung, dan counter-terorism.

Simak Video "Menhan Prabowo Bicara Konsep Perang Rakyat Semesta"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com