Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 27 Feb 2020 12:01 WIB

Investasi Rp 560 M Masuk Industri Manufaktur RI, Bidik Ekspor ke AS

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Agus Gumiwang Kartasasmita Foto: Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita. (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta -

Produsen pipa, PT Future Pipe Industries menanamkan modal sebesar US$ 40 juta atau berkisar Rp 560 miliar (dalam kurs Rp 14.000). Investasi ini digunakan memperluas pasar pipa produksi dalam negeri menuju Amerika Serikat.

Dengan investasi ini, Future Pipe akan mulai melakukan ekspor pipa komposit serat kaca alias fiberglass untuk proyek pembangunan infrastruktur sistem pembuangan yang menghubungkan beberapa kota di area San Francisco, Belmont, Redmond, dan San Carlos.

"Kegiatan ekspor ini menunjukkan bahwa produk industri di Indonesia dapat kompetitif di pasar internasional dengan memiliki standar yang tinggi. Perusahaan tersebut mengekspor pipa komposit fiberglass berdiameter 3,4 meter dengan panjang total 5,3 kilometer," kata Chief Commercial Officer Future Pipe Industries, Imad Makhzoumi melalui siaran pers, Rabu (26/2/2020).

Makhzoumi mengatakan ekspor pipa fiberglass ke AS, nilainya mencapai US$20 juta atau sekitar Rp 280 miliar. Eskpor fiberglass sebesar ini juga disebut menjadi yang pertama kali dilakukan di Indonesia.

Kegiatan investasi dan ekspor ini menurut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang akan membawa efek berganda bagi perekonomian nasional. Dampaknya antara lain, penerimaan negara dalam bentuk pajak dan devisa, penyerapan tenaga kerja, penyerapan produk atau jasa industri pendukung, serta pemberdayaan dan alih teknologi kepada perusahaan lokal dalam hal instalasi dan perawatan.

"Bahkan, dapat pula semakin memperkuat branding produk Indonesia di kancah global," tutur Agus.

Sebelumnya, PT. Future Pipe Industries telah melakukan ekspor pipa fiberglass ke sejumlah negara, seperti Singapura, China, Malaysia, dan Abu Dhabi.

Investasi Rp 560 M Masuk Industri Manufaktur RI, Bidik Ekspor ke AS


Simak Video "China Dilanda Corona, Jokowi Minta Manfaatkan Peluang Ekspor"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com