250 Ribu Ton Gula Pasir Masuk RI di Minggu Terakhir Puasa

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 26 Apr 2020 22:00 WIB
Warga Bondowoso lapor polisi karena menjadi korban penipuan hingga Rp 1,6 miliar. Penipuan tersebut dilakukan oleh sepasang suami istri.
Foto: Chuk Shatu Widarsha
Jakarta -

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan bahwa di akhir bulan puasa akan ada tambahan 250 ribu ton gula impor masuk ke Indonesia. Gula tersebut berbentuk raw sugar dan akan diolah jadi gula pasir.

"Di minggu terakhir puasa, proses gula pasir masuk bahkan berproses cukup kuat. Dari raw sugar ke gula putih 250 ribu ton sudah tersedia," kata Syahrul lewat rilis video BNPB, Minggu (26/4/2020).

Syahrul mengatakan gula menjadi salah satu dari tiga bahan pokok yang menjadi perhatian utama. Dua komoditas lainnya adalah bawang putih dan daging sapi, ketiga bahan pokok ini jadi perhatian karena produksinya kurang dan mesti impor.


Dia juga menyebut bahwa akan ada bawang putih yang juga akan masuk di akhir bulan puasa. Namun, enggan menyebutkan secara rinci berapa jumlahnya dan dari mana.

"Proses bawang putih juga masuk," ucap Syahrul.

Sementara itu, dia menjelaskan untuk daging sapi, kemungkinan akan ada terjadi keterlambatan impor. Pasalnya, beberapa negara asal daging sapi menurut Syahrul banyak yang melakukan lockdown.

"Daging sapi agak terlambat, karena beberapa importir kita sedang melakukan lockdown. Melakukan penutupan pelabuhan sehingga terlambat pengirimannya," jelas Syahrul.



Simak Video "Dear Pemerintah, Pembuat Gula Aren Purwakarta Minta Bantuan"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)