Penjualan Mobil Listrik Diprediksi Laris Manis Mulai 2021

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 30 Mei 2020 14:00 WIB
Mobil listrik murah dari Kia
Ilustrasi/Foto: carbuzz
Jakarta -

Laporan Cairn Energy Research Advisors menyebutkan akan terjadi lonjakan penjualan kendaraan listrik pada 2021. Mengutip CNBC disebutkan hal ini karena pada 2021 negara-negara di seluruh dunia mendorong konsumen untuk membeli kendaraan bertenaga listrik.

Cairn memproyeksi jika penjualan global mobil listrik akan naik 36% dan akan terjual 3 juta unit kendaraan untuk pertama kalinya.

"Saat ini ada permintaan yang terpendam untuk kendaraan listrik. Nanti tahun 2021 kita akan melihat titik penjualannya," kata Direktur Pelaksana Cairn Energy Research Advisors Sam Jaffe, dikutip dari CNBC, Sabtu (30/5/2020).

Jaffe menyampaikan pasar yang berpeluang besar adalah di Eropa dan China. Memang, China saat ini menjadi pasar besar dan satu juta model untuk kendaraan listrik sudah diciptakan di negara itu.

Di Uni Eropa pemerintah berkomitmen untuk menurunkan emisi karbon dioksida. Hal ini membuat negara seperti Prancis untuk memberikan insentif kepada penduduk yang memiliki mobil listrik.

Misalnya memberikan bonus untuk warga yang membeli mobil listrik. Presiden Prancis Emmanuel Macron menginginkan Prancis bisa menjadi produsen kendaraan ramah lingkungan terbaik di Eropa.


Produksi kendaraan listrik diproyeksi naik 1,3 juta - 1,5 juta tahun ini. Para analis menyampaikan Tesla akan bersaing dengan produsen domestik dan internasional di berbagai negara.

Di Amerika Serikat (AS) penjualan kendaraan listrik diproyeksi tumbuh lebih baik karena kebutuhan terus meningkat.

Jaffe mengatakan seluruh produsen mobil listrik ini akan menambah kapasitas produksi tahun depan.

Proyeksi kendaraan listrik ini bukanlah yang pertama. Banyak riset yang diterbitkan dan disebut terlalu optimis karena menyebut masyarakat ingin beralih dari tenaga bensin ke tenaga listrik.

Pada Oktober 2018, JP Morgan memprakirakan kendaraan listrik akan mencapai 4% dari seluruh kendaraan yang terjual di dunia pada 2020. Saat ini penjualan kendaraan listrik sudah mendekati 3% dari total penjualan mobil.



Simak Video "Kreatifitas Membuat Mobil Listrik, Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/hns)