Apa Kabar Rencana RI-China Bikin Vaksin Corona?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 24 Jun 2020 15:42 WIB
Otoritas Thailand telah mengembangkan vaksin untuk virus Corona. Vaksi yang dikembangkan sendiri oleh negara ini akan siap pada tahun depan.
Foto: AP/Sakchai Lalit
Jakarta -

Kedutaan Besar China untuk Indonesia memaparkan kerja sama pihaknya dengan Indonesia dalam menghadapi pandemi Corona. Salah satunya adalah dalam membuat vaksin COVID-19.

Konselor Politik Kedubes Qiu Xinli menyatakan saat ini perusahaan biologis dari Tiongkok sedang melakukan uji klinis fase III untuk vaksin Corona. Perusahaan yang diajak kerja sama adalah perusahaan farmasi pelat merah PT Bio Farma (Persero).

"Perusahaan biologis di Tiongkok dan Bio Farma, produsen vaksin BUMN Indonesia sedang berkomunikasi untuk uji klinis fase III untuk vaksin COVID-19. Pemerintah Tiongkok akan mendukung penuh kerjasama bersangkutan antara perusahaan kedua negara," ungkap Qiu dalam sebuah video conference bersama wartawan, Rabu (24/6/2020).

Dari catatan detikcom sendiri, diketahui perusahaan biologis dari China itu bernama Sinovac. Sinovac akan berperan dalam hal transfer teknologi saat tahap produksi vaksin.

Rencananya, menurut Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir, Bio Farma bersama Sinovac mulai aktif memproduksi vaksin COVID-19 pada Kuartal I-2021 mendatang.

"Transfer teknologi pada saat proses produksi vaksin kuartal I-2021," kata Honesti kepada detikcom, Rabu (10/6/2020).

Kembali ke Qiu, dia juga memaparkan bantuan tahap kedua dari pemerintah China untuk Indonesia sudah tiba di Jakarta. Jumlahnya mencapai US$ 10 juta.

"Pada awal bulan ini, bantuan batch kedua dari pemerintah Tiongkok kepada pemerintah Indonesia telah tiba di Jakarta. Berdasarkan statistik yang belum lengkap, bantuan pihak Tiongkok yang disediakan kepada berbagai kalangan Indonesia, melalui jalur pemerintah pusat, partai, pemerintah daerah, swasta dan lain-lain telah melebihi US$ 10
juta," ungkap Qiu.



Simak Video "9.000 Warga Brasil Jadi Relawan Uji Coba Vaksin Corona China"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)