Erick Thohir Ungkap BUMN Keroyokan Garap Kawasan Industri Batang

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 30 Jun 2020 18:38 WIB
Erick Thohir menggantikan posisi Rini Soemarno sebagai Menteri BUMN periode 2019-2024. Proses sertijab jabatan itu pun digelar di Kantor Kementerian BUMN.
Menteri BUMN Erick Thohir/Foto: Pradita Utama

Kemudian, holding perkebunan Nusantara dan PTPN IX akan menyediakan lahan dan memproses konversi hak guna usaha (HGU) menjadi hak pengelolaan lahan (HPL). Sementara itu, PT PP bersama PT KIW akan merencanakan master development kawasan ini.

Lalu Pelindo III akan mengelola pelabuhan, dan Pertamina akan menyediakan jaringan gas dan bahan bakar.

"Sesuai dengan arahan Presiden, untuk mempercepat pembangunan Kawasan Industri Batang ini, Kementerian BUMN akan segera mengintegrasikan semua BUMN terkait dan bekerja sama dengan BUMD dan Swasta. Jika dikaitkan dengan persaingan ekonomi global yang semakin ketat di era post COVID-19, upaya Indonesia menambah kawasan industri khusus di Jawa Tengah, seperti halnya KIT Batang ini menjadi keharusan untuk meningkatkan daya saing," papar Erick.

Dalam kunjungannya ke KIT Batang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Indonesia tidak boleh kalah dengan negara-negara lainnya yang juga sibuk berbenah untuk memberikan kemudahan dan pelayanan bagi investasi yang masuk ke negara mereka.

"Jangan sampai peristiwa tahun lalu terjadi lagi. Ada relokasi dari Tiongkok 33 perusahaan kita satu pun nggak dapet," ujar Jokowi.



Simak Video "7 Perusahaan BUMN yang Mau Dibubarkan Erick Thohir, Apa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]

(ara/ara)