Tesla Akan Bangun Pabrik Raksasa di Texas

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 23 Jul 2020 09:37 WIB
Prestige Motorcars kembali memperkenalkan line up kendaraan ramah lingkungannya. Kali ini mobil yang dibawa oleh importir umum tersebut adalah Tesla Model 3.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Tesla akan membangun Gigafactory atau pabrik raksasa terbarunya di dekat Austin, Texas. Rencana itu telah diumumkan oleh Elon Musk langsung.

Lokasi pabrik raksasa terbaru milik Tesla itu akan dibangun di wilayah dengan luas sekitar 2.000 hektar. Lokasinya kira-kira 15 menit dari pusat kota Austin, kata Musk. Dia mengatakan pabrik itu akan menjadi 'surga ekologis' dan itu akan dibuka untuk umum.

"Kami akan membuatnya menjadi pabrik yang menakjubkan, tepat di Sungai Colorado. Jadi kami benar-benar harus memiliki boardwalk, hiking, jalur bersepeda. Ini pada dasarnya akan menjadi surga ekologis," kata Musk dilansir dari CNBC, Kamis (23/7/2020).

Pabrik ini akan digunakan perusahaan untuk membangun Tesla Cybertruck, Semi, Model 3 dan Model Y untuk bagian timur Amerika Utara.

Musk juga menambahkan bahwa Tesla akan terus tumbuh di California, di mana ia akan membangun Tesla Model S dan Model X untuk penjualan global dan Tesla Model 3 dan Tesla Model Y untuk Amerika Utara.

Travis County, wilayah yang akan menjadi tempat pabrik Tesla yang baru itu akan memberikan potongan pajak untuk Tesla senilai minimal US$ 14,7 juta untuk membangun pabrik. Dengan harapan pabrik tersebut bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat.

Tesla sendiri mempekerjakan sekitar 10.000 orang di pabrik satu-satunya milik perusahaan di Fremont, California.

"Texas memiliki tenaga kerja terbaik di negara ini dan kami telah membangun lingkungan ekonomi yang memungkinkan perusahaan seperti Tesla untuk berinovasi," kata Gubernur Texas Greg Abbott.

"Tesla's Gigafactory Texas akan menjaga ekonomi Texas yang terkuat di negara ini dan akan menciptakan ribuan lapangan kerja untuk pekerja keras Texas. Saya menantikan manfaat luar biasa yang akan diberikan investasi Tesla ke Texas Tengah dan ke seluruh negara bagian," tambahnya.



Simak Video "Elon Musk Rilis Lagu EDM, Gimana Jadinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)