Vaksin Corona dari China Mau Dijajal, BUMN Cari Relawan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 28 Jul 2020 11:50 WIB
Otoritas Thailand telah mengembangkan vaksin untuk virus Corona. Vaksi yang dikembangkan sendiri oleh negara ini akan siap pada tahun depan.
Foto: AP/Sakchai Lalit
Jakarta -

Kementerian BUMN mengajak masyarakat luas untuk menjadi relawan uji klinis tahap III vaksin Corona hasil kerja sama Bio Farma dan Sinovac. Setidaknya, Bio Farma butuh 1.620 relawan untuk uji klinis.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan Bio Farma sedang mencari relawan yang siap untuk menjajal vaksin hasil kerja sama dengan China. Dia menegaskan vaksin ini sudah diuji coba ke manusia terlebih dahulu di China.

"Nah jadi uji klinis ini dilakukan BUMN Bio Farma, dan sedang cari relawan yang bersiap untuk menjadi relawan uji klinis tahap III. Seperti diketahui tahap I dan II sudah dilakukan di China dan sudah diuji juga ke manusia," ungkap Arya kepada wartawan, Selasa (28/7/2020).

Dia mengaku dirinya pun sudah mendaftar jadi relawan, dan dia mengajak masyarakat luas untuk ikut jadi relawan uji klinis vaksin Bio Farma.

"Saya juga mengajak masyarakat lainnya untuk jadi relawan, supaya kita bisa berguna untuk bangsa dan negara. Mudah-mudahan dengan begini nantinya vaksin bisa digunakan untuk bangsa kita dan bangsa lain, semoga ini sukses," kata Arya.

Arya mengatakan masyarakat yang mau jadi relawan vaksin Corona syaratnya harus berumur 18 hingga 59 tahun. Calon relawan juga tidak sedang melakukan uji klinis apapun.

"Di sana dinyatakan bahwa yang bisa ikut ini adalah orang dewasa sehat usia 18-59 tahun, kemudian tidak ikut dalam uji klinis lainnya," jelas Arya.

Selanjutnya
Halaman
1 2