Ternyata RI Nggak Cuma Gandeng China buat Bikin Vaksin Corona

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 27 Jul 2020 23:00 WIB
Vaksin Corona
Foto: Istimewa
Jakarta -

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan bahwa salah satu fokus pemerintah dalam menangani virus Corona adalah mencari vaksin Corona. Dia mengatakan vaksin ini juga bisa mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Dia menyatakan dalam mencari vaksin pemerintah melakukan sederet kerja sama dengan berbagai negara. Maka dari itu diharapkan tahun depan bisa ada vaksin yang bisa diproduksi masal.

"Dengan multiple channel ini diharapkan tahun depan bisa ada satu dua vaksin yang bisa diproduksi, sehingga dengan produksi vaksin ini maka Indonesia akan menyelesaikan, dan untuk mengurang pengembangan pandemi. Ini juga mendorong pemulihan ekonomi," ujar Airlangga dalam sebuah webinar, Senin (27/7/2020).

Salah satu kerja sama yang dilakukan yaitu antara PT Bio Farma dengan Sinovac, perusahaan dari China. Dia menjelaskan saat ini vaksin Corona sedang diuji klinis.

Dalam paparannya, ditargetkan vaksin Bio Farma-Sinovac ini bisa diproduksi pada bulan Oktober dengan kapasitas 10 juta dosis per bulan.

"Ada yang bekerja sama dengan perusahaan China dengan Sinovac dia sudah masuk uji klinis," ungkap Airlangga.

Kemudian bukan hanya dengan China, pemerintah juga melakukan kerja sama dengan perusahaan asal Korea Selatan, Genexine Consortium. Dia mengatakan kerja sama ini akan segera diuji klinis menyusul vaksin Corona dari China.

"Kemudian Kalbe Farma dengan Genexine dia akan masuk segera masuk uji klinis juga," sebut Airlangga.

Mau tahu pihak mana lagi yang digandeng RI buat produksi vaksin Corona? Buka halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "100 Juta Dosis Vaksin Corona Potensial Sudah Dipesan AS"
[Gambas:Video 20detik]