Vaksin Corona dari China Segera Uji Klinis, Ini Tahapannya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 28 Jul 2020 12:06 WIB
Pengujian Vaksin Corona Pada Manusia Mulai Tunjukkan Harapan
Foto: DW (News)
Jakarta -

Vaksin Corona hasil kerja sama perusahaan farmasi pelat merah, Bio Farma dengan Sinovac akan segera diuji klinis. Vaksin dari China ini harus diuji terlebih dahulu sebelum bisa diedarkan ke masyarakat Indonesia.

Pemerintah pun mengajak masyarakat untuk ikut jadi relawan uji vaksin ini. Staf Khusus Menteri BUMN Erick Thohir, Arya Sinulingga menjelaskan tahapan-tahapan yang akan dilalui relawan selama uji coba. Arya juga mengatakan dirinya sudah mendaftarkan diri sebagai salah satu relawan.

Arya memaparkan, nantinya relawan akan diberikan dua dosis vaksin selama masa uji klinis, setelah itu relawan akan diambil darahnya untuk menjadi sampel penelitian. Vaksin diberikan di hari pertama uji klinis, dan kemudian dosis ke dua 14 hari kemudian.

"Vaksin pertama akan diberikan pada hari pertama, nanti akan disampel darah saya. 14 hari kemudian saya diberikan vaksin lagi. Nanti vaksinnya ada dua dosis tiap kunjungan, kunjungan ke dua setelah 14 hari," ungkap Arya kepada wartawan, Selasa (28/7/2020).

Setelah itu, nantinya relawan akan rutin diambil sampel darahnya lagi untuk diteliti. Totalnya, akan ada 4 penelitian dari sampel darah usai diberikan dua dosis vaksin Corona.

"Kemudian setelah itu, saya akan diambil sampel lagi beberapa kali tahapan. Jadi ada 4 kunjungan penelitian yang akan dilakukan," ujar Arya.

Menambahkan penjelasan Arya, sebelumnya Head of Corporate Communication PT Bio Farma Iwan Setiawan mengatakan uji klinis akan dilakukan selama 6 bulan. Hasilnya akan dilihat dari kandungan antibodi relawan.

"Setelah 6 bulan kita lihat, kandungan antibodinya, sehingga, kalau memang berhasil itu kita bisa gunakan vaksin tersebut," papar Iwan dalam acara Market Review dengan IDX Channel, Kamis (23/7/2020).



Simak Video "Ratusan Juta Vaksin Virus Corona Diprediksi Siap Akhir 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)