Pabrik Katalis Merah Putih Mulai Dibangun September

Yudha Maulana, Luthfiana Awaluddin - detikFinance
Rabu, 29 Jul 2020 17:34 WIB
Peresmian proyek pabrik katalis
Foto: Yudha Maulana/detikcom: Peresmian proyek pabrik katalis
Bandung -

Pabrik katalis Merah Putih akan dibangun di Kawasan Industri Cikampek pada September 2020 mendatang. Dibangunnya pabrik berkapasitas 800 ton/tahun ini membuat langkah Indonesia untuk mandiri dalam bidang teknologi proses, dan mengurangi ketergantungan pada katalis impor.

Sedianya, hampir seluruh industri proses, baik itu industri kimia, petrokimia, pengilangan minyak dan gas, maupun oleokima, termasuk di dalamnya teknologi energi terbarukan berbasis biomassa dan minyak nabati, membutuhkan katalis.

Pendirian perusahaan patungan Katalis Merah Putih ini merupakan hilirisasi dari pengembangan katalis yang dilakukan Institut Teknologi Bandung. Penandatangan perjanjian usaha patungan pendirian pabrik katalis merah putih tersebut dilakukan oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, Plt. Direktur Utama PT Pupuk Kujang Rita Widayati, dan Direktur Utama PT Rekacipta Inovasi ITB Alam Indrawan di Kampus ITB, Kota Bandung pada Rabu (29/7/2020).

Laboratorium Teknik Reaksi Kimia dan Katalisis (TRKK) ITB dan Pusat Rekayasa Katalisis ITB (CaRE ITB) telah melakukan penelitian di bidang pengembangan katalis untuk industri kilang minyak dan industri petrokimia serta pengembangan proses energi terbarukan sejak 1982.

Langsung klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2