Pesawat R80 Habibie Jadi Dikembangkan di Kertajati?

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 07 Agu 2020 22:00 WIB
Pesawat R80
Foto: Dok. Regio Aviasi Industri
Jakarta -

Ilham Habibie membeberkan rencana pengembangan pesawat R80 di Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati, Majalengka. Terkait rencana itu, menurut Ilham, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pernah mengutarakan rencana membangun Aerospace Park di Bandara Kertajati.

"Kita berjumpa dengan Pak Ridwan Kamil, Gubernur Jabar beliau menyampaikan dan menegaskan kembali komitmen Provinsi Jabar untuk mengembangkan Aerospace Park di Kertajati," katanya dalam webinar bertajuk 'Perjalanan Industri Kedirgantaraan Nasional', Jumat (7/8/2020).

Namun, tantangan terbesar dari proyek tersebut adalah pembebasan lahan dan butuh keterlibatan pemerintah daerah.

"Memang kita sama-sama tahu tantangan adalah lahan karena sebagian besar yang menarik untuk industri pesawat terbang adalah dekat dengan landasan. Itu memang tidak di tangan Pemda melainkan masyarakat. Ini kendalanya dan kita tegaskan kembali kita sebagai swasta tidak mampu untuk membebaskan itu dan oleh karena itu kita sangat tergantung dengan adanya kerja sama dari Pemda," terang Ilham yang juga Komisaris Utama PT Regio Aviasi Industri (RAI).

Meski saat ini kegiatan penerbangan di Bandara Kertajati belum ramai, putra mantan Presiden BJ Habibie itu yakin Bandara Kertajati nantinya akan menjadi pusat kawasan industri pesawat di Indonesia.

"Saat ini harus diakui bahwa penerbangan yang ada dari Kertajati ke lain tempat belum banyak. Tapi itu akan berubah di masa mendatang dan masih banyak lahan tersedia di sekitar airport. Lokasi strategis dekat dengan jalan tol, ada kereta api, kedekatan pada pelabuhan Patimban juga ditekankan beliau (Ridwan Kamil)," ucapnya.

Ilham menambahkan, proyek pesawat R80 sedang dalam tahap desain, sambil mengumpulkan kemitraan untuk pendanaan.

"Kegiatan desain R80 kita teruskan walaupun dengan minimal spending karena saat ini fokus utama daripada perusahaan adalah menyimpulkan hal-hal terkait dengan pendanaan dan kemitraan," katanya.



Simak Video "Ilham Habibie Blak-blakan Politik Dinasti dan Nasib R-80"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)