Bos Hyundai Janji Serap 3.500 Pekerja RI Buat Bikin Mobil Listrik

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 13 Agu 2020 21:45 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa saat ini pabrikan otomotif dari Korea Selatan, Hyundai sedang mengebut pengerjaan pabrik mobil listriknya di Indonesia.

Setelah pabrik selesai dibangun, Luhut menyebutkan bahwa Hyundai berjanji akan menyerap 3.500 orang tenaga kerja lokal dalam pembuatan mobil listrik.

"Tentunya dalam menjalankan proyek mobil listrik ini, Hyundai berjanji akan menyerap tenaga kerja Indonesia sebanyak 3.500 orang," ujar Luhut dalam unggahannya di akun Instagram resmi, @luhut.pandjaitan, Kamis (13/8/2020).

Dia mengatakan pabrik Hyundai akan dibangun pada lahan seluas 77 hektar, dari catatan detikcom lokasi pabriknya ada di Karawang, Jawa Barat.

Luhutmenyebutkan Hyundai akan menggelontorkan investasi sebesar US$ 1,154 miliar atau sekitar Rp 16,73 triliun untuk membuat pabrik mobil listrik di Indonesia.

"Untuk memproduksi dan mewujudkan proyek ini, Hyundai Motors menyiapkan lahan seluas 77 hektar dimana mereka menggelontorkan dana sebesar US$ 1,154 miliar," ujar Luhut.

Luhut juga menyampaikan bahwa pemerintah pun akan segera menyelesaikan aturan insentif kendaraan listrik. Akan ada peraturan soal relaksasi pajak dan rencana menggunakan pelat khusus untuk mobil listrik.

"Dalam pertemuan ini juga kami dari sisi pemangku kebijakan akan segera menyelesaikan peraturan terkait pajak dan rencana penggunaan plat khusus bagi mobil listrik seperti ini," ujar Luhut.



Simak Video "Mobil Listrik Termurah! Fiturnya Sangat Memuaskan "
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)