Bikin Pabrik Mobil Listrik di RI, Hyundai Diminta Pakai Produk Lokal

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 13 Agu 2020 22:00 WIB
Ilustrasi Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: Ilustrasi Luhut Binsar Pandjaitan (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan hari ini melakukan pertemuan dengan Presiden Hyundai Motor Asia Pacific Lee Young Tack. Keduanya membahas kelanjutan pembangunan pabrik mobil listrik Hyundai di Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Luhut menyatakan bahwa bahan material baterai mobil listrik banyak tersebar di Indonesia. Dia meyakinkan Hyundai untuk lebih banyak menggunakannya.

"Dalam pertemuan ini, saya yakinkan kepada mereka bahwa Indonesia memiliki bahan material salah satu yang terbesar di dunia untuk pembuatan baterai mobil listrik," ujar Luhut dalam unggahannya di akun resmi @luhut.pandjaitan, dikutip Kamis (13/8/2020).

Luhut pun mengatakan bahwa Indonesia saat ini terbuka untuk investasi pada sektor kendaraan listrik. Dia mengajak produsen baterai dan mobil listriknya lainnya untuk bekerja sama.

"Saya juga ingin Hyundai menyampaikan kepada para produsen baterai dan mobil listrik lainnya, bahwa Indonesia saat ini terbuka dengan investasi untuk proyek besar seperti ini," ungkap Luhut.

Luhut juga menegaskan di tengah pandemi Corona yang menimbulkan kondisi ketidakpastian, dia menegaskan komitmen investasi dari berbagai negara tetap berjalan. Mulai dari komitmen investasi dari Amerika Serikat (AS) hingga Korea Selatan lewat Hyundai.

"Di akhir kalimat saya ingin sampaikan bahwa meskipun kita tengah menghadapi ujian wabah pandemi yang serba tidak pasti seperti saat ini, pemerintah Indonesia tetap aktif menjalankan seluruh komitmen investasi baik dengan IDFC (lembaga investasi AS), Uni Emirat Arab, dan Hyundai," papar Luhut.

"Meski 3 atau 4 bulan yang lalu komunikasi kami sempat berhenti karena pandemi," katanya.

Dia optimis dengan kerja sama dengan Hyundai ini membuktikan bahwa Indonesia mampu menjadi salah satu produsen baterai listrik dunia.

"Saya percaya bahwa Indonesia mampu menjadi pemain kunci produsen baterai mobil listrik di dunia, dan kita sudah berada di jalur yang tepat untuk menyongsong era kemajuan industri tanah air," pungkas Luhut.



Simak Video "Tinjau Penanganan Covid-19 PMI, Luhut Bahas Vaksinasi Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)