RI Bayar Uang Muka Vaksin Corona Rp 3,3 Triliun

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 04 Sep 2020 20:31 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan keterangan pers skenario pemulihan ekonomi terkait Corona. Skenario pemulihan ekonomi disiapkan hingga tahun depan.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan biaya uang muka pengadaan vaksin Corona sudah tersedia. Dia menjelaskan jumlahnya sebesar Rp 3,3 triliun.

"Terkait vaksin sudah tersedia. Diharapkan down payment di tahun ini sebesar Rp 3,3 triliun," papar Airlangga dalam konferensi pers yang disiarkan via YouTube, Jumat (4/9/2020).

Sementara itu, dia mengatakan soal total dana untuk pengadaan vaksin sebesar ada Rp 37 triliun. Dana ini akan dialirkan dengan kontrak multiyears di tahun berikutnya.

"Dan seluruh dana disiapkan adalah Rp 37 triliun, untuk program multiyears," ungkap Airlangga.

Hanya saja Airlangga tak merinci pengadaan tersebut digunakan untuk vaksin yang mana. Produksi vaksin Corona sendiri dari catatan detikcom datang dari berbagai lembaga.

Mulai dari kerja sama antara BUMN melalui Bio Farma yang bekerja sama dengan Sinovac. Ada juga vaksin yang sedang dikembangkan oleh pihak swasta hingga lembaga riset Eijkman.



Simak Video "Jokowi: RI Dapat Komitmen Vaksin hingga Akhir 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)