Mulai November, Samsung Tutup Pabrik TV di China

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 08 Sep 2020 17:45 WIB
A man walks behind a logo of Samsung Electronics at the companys headquarters in Seoul April 30, 2010.  REUTERS/Jo Yong-Hak/File Photo
Foto: Reuters
Jakarta -

Samsung Electronics telah memutuskan untuk menghentikan produksi pada pabrik TV di China pada akhir November mendatang. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi perusahaan.

Pabrik TV Samsung di Tianjin adalah satu-satunya basis produksi Samsung Electronics di China.

"Keputusan tersebut merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan efisiensi di fasilitas produksi," kata juru bicara Samsung dalam pernyataan tertulis, dikutip dari Reuters, Selasa (8/9/2020).

Pabrik itu memiliki sekitar 300 pekerja. Samsung sendiri enggan berkomentar tentang jumlah pekerja yang akan terdampak penutupan ini. Tetapi mereka mengatakan beberapa pekerja dan peralatan diperkirakan akan dipertahankan.

Samsung Electronics di China terakhir menutup pabrik peralatan rumah tangga di Suzhou dan fasilitas produksi chip-nya di Suzhou dan Xian.

Bersamaan dengan itu, Samsung Electronics mengkonfirmasi secara terpisah minggu lalu bahwa mereka menjual sebagian besar saham di unit produksi layar kristal cair (LCD) Suzhou, kepada unit Teknologi Optoelektronik TCL Technology Group Corp.

Samsung Display mengatakan sebelumnya mengatakan mereka memutuskan untuk mengakhiri semua produksi panel LCD di Korea Selatan dan China pada akhir tahun ini. Sementara itu, pada Agustus, Samsung mengatakan akan menghentikan operasi pabrik komputer terakhirnya di China.

(fdl/fdl)