Sempat Kebanjiran, Begini Kondisi Terkini Pabrik Aqua di Sukabumi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 23 Sep 2020 17:08 WIB
Kondisi Pabrik Aqua Terkini
Foto: Dok. Aqua Golden Mississippi
Jakarta -

Pabrik air minum dalam kemasan (AMDK) Aqua di Kecamatan Cicurug, Sukabumi telah kembali beroperasi. Sebelumnya, pabrik PT Aqua Golden Mississippi ini sempat terdampak banjir bandang di Sukabumi.

Danone Indonesia menyatakan kini pabrik tersebut sudah mulai beroperasi setelah melakukan upaya pemulihan. Lewat pembersihan, sanitasi, dan pengecekan sistem produksi secara menyeluruh pada pabrik.

Secara bertahap, proses produksi juga mulai beroperasi untuk menambah pasokan produk yang sempat terdampak akibat air banjir yang masuk ke sebagian area produksi.

"Kami tengah melakukan usaha untuk mengembalikan kondisi fasilitas produksi di pabrik Mekarsari, Sukabumi seperti semula," ujar Corporate Communications Director Danone Indonesia Arif Muhajidin dalam keterangannya kepada detikcom, Rabu (23/9/2020).

Dia mengatakan soal jumlah pasokan dan produk Aqua tidak akan terganggu jumlahnya di masyarakat. Pasalnya, perusahaan telah mengalihkan produk ke fasilitas pabrik di wilayah lain.

"Selama masa pemulihan pabrik, konsumen Aqua tidak perlu khawatir akan adanya gangguan jumlah dan kualitas pasokan mereka karena perusahaan telah mengalihkan pasokan produk Aqua dari fasilitas produksi yang terdampak, ke pabrik Aqua lainnya di wilayah Sukabumi dan Bogor," ujar Arif.

Arif mengatakan saat ini fokus utama pihaknya adalah keselamatan dan keamanan karyawan pada pabrik.

"Namun, fokus utama kami tetap mendahulukan keselamatan dan keamanan karyawan serta masyarakat sekitar pabrik yang terdampak langsung oleh banjir bandang," ungkap Arif.

Arif menambahkan perusahaan menerapkan standar keamanan dan kontrol kualitas yang tinggi di seluruh mata rantai produksi untuk memenuhi standar keamanan pangan yang telah ditetapkan oleh BPOM, SNI serta parameter kualitas Danone.

Proses manufaktur juga mengacu pada Standar Kualitas Internasional ISO 9001. Selain itu, fasilitas produksi AQUA telah tersertifikasi sistem jaminan keamanan pangan internasional Food Safety System Certification (FSSC) 22000.

Seperti diketahui, pabrik Aqua menjadi korban banjir bandang di Sukabumi, Senin petang lalu. Informasi itu pertama kali diketahui dari sebuah video yang diunggah akun media sosial Facebook Jakarte "Punye Cerite". Video tersebut juga viral di sosial media.

Di dalam video itu, terlihat genangan air berwarna coklat memenuhi seisi ruangan yang memang terlihat seperti bangunan pabrik. Beberapa galon terlihat bertumpuk di atas undakan tembok di atas genangan air.

Selain video itu, ada video lainnya yang memperlihatkan tumpukan dus bertuliskan aqua dan kendaraan forklift yang terlihat tetap beraktivitas meski bagian lantainya digenangi air berwarna coklat.



Simak Video "Waduh! Pabrik Aqua di Sukabumi Terendam Banjir"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)