5 Fakta Pabrik Aqua di Sukabumi yang Sempat Terendam Banjir

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 23 Sep 2020 19:30 WIB
Kondisi Pabrik Aqua Terkini
Foto: Dok. Aqua Golden Mississippi
Jakarta -

Pabrik air minum dalam kemasan (AMDK) Aqua di Kecamatan Cicurug, Sukabumi yang sempat terendam banjir kini telah kembali beroperasi. Sebelumnya, pabrik PT Aqua Golden Mississippi ini sempat terdampak banjir bandang di Sukabumi.

Berikut 5 fakta seputar kejadian naas tersebut:

1. Pabrik Ditutup Sementara

Pihak Danone AQUA, Selasa (22/9) kemarin langsung menutup sementara pabrik tersebut atas alasan keamanan dan keselamatan karyawan dan produk.

"Pabrik menghentikan operasi sementara untuk alasan keamanan dan keselamatan. Keselamatan karyawan dan keamanan pangan dari produk adalah prioritas utama kami," ujar VP General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh kepada detikcom, Selasa (22/9/2020).

2. Produk Dijamin Bebas Kontaminasi Banjir

Di sisi lainnya, Corporate Communications Director Danone Indonesia Arif Mujahidin memastikan kejadian ini tidak akan menganggu kualitas dan layanan produk Aqua. Untuk sementara, produksi produk Aqua akan dialihkan ke pabrik-pabrik Aqua lainnya.

"Selain itu kami pun memastikan bahwa kondisi ini tidak berimplikasi pada kualitas serta layanan produk AQUA dan pasokan untuk para konsumen tetap terpenuhi melalui fasilitas pabrik kami yang lain," kata Arif.

3. Seluruh Karyawan dalam Kondisi Aman

Untuk kondisi karyawan, sambung Arif dipastikan semua dalam kondisi aman. "Saat ini seluruh karyawan dalam kondisi aman," sambungnya.

Saat ini, pihak Danone AQUA sedang fokus menangani pabrik tersebut agar bisa segera beroperasi kembali. Sekaligus, memberi bantuan pada para korban terdampak banjir bandang di wilayah tersebut.

"Fokus kami saat ini adalah melakukan upaya penanganan di dalam pabrik terdampak dan bergotong royong dalam membantu terdampak banjir bandang ini," tuturnya.

4. Produk Terdampak Banjir Langsung Dimusnahkan

Danone AQUA atau AQUA Group memastikan bakal memusnahkan seluruh produk mereka yang terdampak banjir di pabrik PT. Aqua Golden Mississippi di Kecamatan Cicurug bakal dimusnahkan dan tidak bakal dipasarkan ke publik.

"Semua produk dan material yang terdampak banjir akan kita musnahkan. Seluruh fasilitas produksi dibersihkan sesuai protocol dan hygiene standard sebelum produksi berjalan kembali," tambah Arif.

5. Genangan Banjir sudah Surut dan Mulai Operasi Kembali

Kini pabrik tersebut sudah mulai beroperasi kembali setelah melakukan upaya pemulihan. Lewat pembersihan, sanitasi, dan pengecekan sistem produksi secara menyeluruh pada pabrik.

Secara bertahap, proses produksi juga mulai beroperasi untuk menambah pasokan produk yang sempat terdampak akibat air banjir yang masuk ke sebagian area produksi.

"Kami tengah melakukan usaha untuk mengembalikan kondisi fasilitas produksi di pabrik Mekarsari, Sukabumi seperti semula," ungkap Arif kepada detikcom, Rabu (23/9/2020).

Arif memastikan soal pasokan dan produk AQUA tidak akan terganggu jumlahnya di masyarakat. Pasalnya, perusahaan telah mengalihkan produksi lewat fasilitas pabrik di wilayah lainnya.

"Selama masa pemulihan pabrik, konsumen AQUA tidak perlu khawatir akan adanya gangguan jumlah dan kualitas pasokan mereka karena perusahaan telah mengalihkan pasokan produk AQUA dari fasilitas produksi yang terdampak, ke pabrik AQUA lainnya di wilayah Sukabumi dan Bogor," ujar Arif.



Simak Video "Waduh! Pabrik Aqua di Sukabumi Terendam Banjir"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)