DPR Heran Harga Gas Turun tapi Pupuk Subsidi Langka

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 29 Sep 2020 13:30 WIB
Pabrik pupuk
Foto: Pupuk Indonesia
Jakarta -

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Ramson Siagian mempertanyakan pasokan pupuk subsidi yang saat ini sulit didapatkan. Padahal, DPR telah berjuang agar harga gas industri terus turun.

"Tidak bisa ya, ini sudah lama kosong pupuk padahal harga gas sudah lama diperjuangkan oleh Komisi VII. Apalagi periode sekarang dipimpin Pak Sugeng berjuang terus agar harga gas per mmbtu turun," katanya dalam rapat Komisi VII DPR RI, Selasa (29/9/2020).

"Saya lihat struktur harga turun kok malah sulit ini dapat pupuk," tambahnya.

Menanggapi itu, Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Bakir Pasaman mengatakan pupuk subsidi alokasinya ditetapkan Kementerian Pertanian.

"Untuk pupuk subsidi kami menyalurkan pupuk subsidi berdasarkan alokasi. Jadi alokasi dari Kementerian Pertanian sudah alokasinya untuk setiap daerah," ujarnya.

Ramson bertanya bagaimana cara meningkatkan alokasi tersebut. Bakir menjawab, pihaknya baru saja mendapat persetujuan untuk tambahan alokasi pupuk.

"Alhamdullilah kemarin kami sudah mendapat approval tambahan alokasi jadi kita ada tambahan subsidi Rp 3,1 triliun sehingga mulai hari ini kami sudah mulai menyalurkan," katanya.

(acd/ara)