Produsen Adidas di Brebes Ekspor 15 Juta Pasang Sepatu

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 09 Okt 2020 22:05 WIB
Ini Dia Sepatu yang Dipakai NBA All Stars saat Akhir Pekan. Baik Nike ataupun Adidas mengeluarkan sepatu-sepatu yang bisa dipakai oleh pemain basket kelas dunia ini untuk akhir pekan.
Foto: dok. AP
Jakarta -

PT Bintang Indokarya Gemilang (BIG) yang berlokasi di Brebes, Jawa Tengah (Jateng) baru saja melepas ekspor hingga 15 juta pasang sepatu. BIG sendiri adalah produsen untuk sepatu Adidas yang telah beroperasi sejak tahun 2015.

Berdasarkan situs resmi Pemerintah Provinsi Jateng, BIG memiliki karyawan sekitar 5.000 orang. Ribuan tenaga kerja pabrik sepatu Adidas itu sebagian besar berasal dari Brebes dan sekitarnya.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga yang turut melepas ekspor sepatu itu mengatakan, ekspor sepatu ini berperan mempertahankan pertumbuhan ekspor di tengah pandemi virus Corona (COVID-19).

"Diharapkan PT Bintang Indokarya Gemilang dapat terus meningkatkan capaian sekspornya sehingga dapat meningkatkan kinerja ekspor nasional,", kata Jerry dalam keterangan resmi Kemendag, Jumat (9/10/2020).

Hadir dalam pelepasan itu, Wakil Bupati Brebes Narjo, dan Presiden Direktur PT Bintang Indokarya Gemilang Budiarto.

Pada periode Januari-Agustus 2020, ekspor alas kaki Indonesia tercatat sebesar US$ 3,17 miliar. Nilai ini meningkat 8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang tercatat sebesar US$ 2,93 miliar. Sementara itu, impor alas kaki periode Januari-Agustus 2020 tercatat sebesar US$ 418,7 juta atau turun 24,7% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sepanjang tahun 2019, total ekspor alas kaki Indonesia tercatat sebesar US$ 4,4 miliar. Secara keseluruhan, pasar ekspor utama produk alas kaki Indonesia adalah Amerika Serikat, Tiongkok, Belgia, Jepang, dan Jerman.

(dna/dna)