Siapa yang Pertama Bakal Disuntik Vaksin COVID-19?

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 09 Nov 2020 11:22 WIB
Pemprov Jabar melakukan simulasi vaksinasi COVID-19 di Kota Depok, Kamis (22/10/2020).
Foto: DEDY ISTANTO
Jakarta -

Sekretaris Eksekutif I Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (Komite PC-PEN) Raden Pardede menjelaskan saat vaksin COVID-19 siap disuntikkan ke masyarakat nanti, yang pertama mendapatkannya adalah para tenaga kesehatan (nakes) dan keluarga. Alasannya, karena nakes adalah kalangan yang berhadapan langsung dengan masyarakat saat melakukan vaksinasi nantinya.

"Jadi memang nakes dulu, tenaga medis dulu karena mereka yang di frontliner. Kalau mereka tidak di depan bagaimana mereka menyuntikkan, mereka tidak akan berani," ujar Raden dalam wawancara ekslusif dengan tim Blak-blakan detikcom, Jumat (6/11/2020).

Setelah nakes dan keluarganya, di waktu yang berdekatan, vaksin COVID-19 ini juga akan disuntikkan ke para aparat beserta keluarganya yang mengawasi proses vaksinasi nanti.

"Sesudah itu nanti tentu yang di depan misalkan para polisi, militer, satpol, yang begitu-begitu karena merekalah yang juga nanti mengawal nakes ini pada saat vaksinasi, kan," sambungnya.

Nama-nama hingga alamat nakes dan aparat yang akan disuntikkan vaksin COVID-19 sudah dikantongi pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan, dan pada waktunya nanti akan diumumkan oleh Menkes terkait detail lainnya.

"Itu sudah ada, nanti detailnya itu akan diumumkan oleh Menteri Kesehatan. Karena merekalah yang bertanggung jawab mengenai detailnya itu," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2