Yeay Vaksin Pfizer Sudah Akurat 95%!

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 18 Nov 2020 21:50 WIB
Perusahaan Jerman BioNTech: Vaksin Corona Kami Efektif 90 Persen
Foto: DW (News)
Jakarta -

Vaksin Corona yang diproduksi oleh Pfizer dan BioNTech pada Rabu sudah mencapai keakuratan mencapai 95%. Mengutip CNBC vaksin ini diharapkan bisa menangkal virus Corona yang selama ini menjadi pandemi.

Kedua perusahaan menamakan vaksin ini BNT162b2 ini efektif melawan virus selama 29 hari setelah dosis pertama diberikan. Efektifitas ini terjadi di seluruh usia ras dan etnis.

Kemudian lansia yang dianggap berisiko tinggi juga dapat menggunakan vaksin ini.

CEO BIoNTech Ugur Sahin mengungkapkan efektifitas ini diumumkan pada 9 November lalu. "Data menunjukkan jika vaksin kami dapat melindungi manusia dari COVID-19 hanya 29 hari setelah dosis pertama. Selain itu vaksin ini juga bisa diterima dengan baik oleh seluruh kelompok usia," kata dia dikutip dari CNBC, Rabu (18/11/2020).

Akibat vaksin ini, saham perusahaan melonjak hingga 3%. Kenaikan ini terjadi setelah perusahaan mengumumkan jika vaksin akurat hingga 90%.

Vaksin yang aman dan efektif memang menjadi harapan baru untuk investor dan pembuat kebijakan. Vaksin juga diharapkan bisa mengembalikan perekonomian global kembali ke jalur normal setelah pandemi menghancurkan ekonomi dunia.

Sesuai data Johns Hopkins University virus ini memang menyebar dengan cepat, lebih dari 55,6 juta kasus di seluruh dunia sudah menewaskan 1,33 juta jiwa.

(dna/dna)