Begini Rencana Kerja Sama Produksi Vaksin Bio Farma-Pfizer

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 26 Nov 2020 06:40 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: KEMENKO MARVES
Jakarta -

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan belum lama ini melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat (AS). Salah satu oleh-olehnya adalah komitmen kerja sama produksi vaksin antara Pfizer dan Bio Farma.

Luhut pun bicara kelanjutan kerja sama produksi vaksin COVID-19 antara Indonesia dan AS. Menurutnya, pembicaraan soal kerja sama produksi vaksin ini terus dilakukan. Selain dengan Pfizer, pemerintah juga mengajak Johnson & Johnson untuk kerja sama ini.

"Kemarin kita bicara sama Wapres Pence dengan vaksin, semalam pak Honesti juga ikut, kita bicara sama Secretary of Health. Kita minta kerja sama produksi Pfizer atau Johnson & Johnson ke Indonesia," kata Luhut dalam webinar IGOV Expo 2020, Rabu (25/11/2020).

Luhut mengatakan, Dirut Bio Farma Honesti Basyir sudah diminta untuk segera merampungkan kesepakatan kerja sama dengan AS. Dia mengatakan kemungkinan kesepakatan bisa diraih 10 hari ke depan.

"Nah pak Honesti ini punya tugas 10 hari ke depan untuk cari kesepakatannya. Jadi kemungkinan kita akan ada dua vaksin, satu dari Tiongkok dan satu dari Amerika," kata Luhut.

Sebelumnya, dalam keterangan KBRI Washington, Luhut bertemu dengan Wakil Presiden AS Mike Pence pada Selasa (17/11/2020). Saat bertemu Pence, Luhut ditawarkan kerja sama untuk memproduksi vaksin COVID-19.

Pada kesempatan itu, Pence menawarkan kerja sama produksi vaksin yang bisa digarap oleh perusahaan Indonesia dan AS. Hal itu disampaikan langsung kepada Luhut saat berada di kantornya.

Kemarin, Luhut mengatakan sudah ada komitmen kerja sama antara Pfizer dan Bio Farma untuk melakukan kerja sama vaksin Corona.

"Tadi malam kami sudah follow up lewat video call dengan Secretary of Health dan Wakil Menteri Budi Sadikin, serta BPOM. Jadi untuk Pfizer membuat kerja sama dengan Bio Farma," kata Luhut dalam webinar CEO Networking 2020, Selasa (24/11/2020).

Luhut juga bicara soal relokasi industri farmasi ke Indonesia. Apa katanya?

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pulang dari AS, Luhut Bawa Kerja Sama Pfizer-Bio Farma"
[Gambas:Video 20detik]