Via Telepon, Jokowi Ajak Elon Musk Investasi di RI

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Sabtu, 12 Des 2020 15:00 WIB
Elon Musk founder, CEO, and chief engineer/designer of SpaceX speaks during a news conference after a Falcon 9 SpaceX rocket test flight to demonstrate the capsules emergency escape system at the Kennedy Space Center in Cape Canaveral, Fla., Sunday, Jan. 19, 2020. (AP Photo/John Raoux)
Foto: KRIS/BIRO PERS SETPRES
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melakukan pembicaraan dengan CEO Tesla Elon Musk. Pembicaraan dilakukan melalui telepon.

Jokowi dan Luhut membahas peluang investasi perusahaan mobil listrik Tesla di Indonesia. Dalam keterangan tertulis Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Sabtu (12/12/2020), dijelaskan Jokowi mengajak Elon Musk untuk menjadikan Indonesia sebagai landasan penerbangan roket Space X.

"Kedua belah pihak bertukar pandangan mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik. Selain itu, Presiden Joko Widodo juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad Space X," bunyi keterangan tersebut.

CEO Tesla Elon Musk pun menanggapi undangan Presiden RI Joko Widodo dengan rencana mengirimkan timnya ke Indonesia pada bulan Januari 2021 untuk menjajaki semua peluang kerjasama tersebut.

Sebelumnya, Jokowi pernah mengutus Luhut dan beberapa orang dalam sebuah tim tingkat tinggi untuk mengejar investasi dari Tesla. Jokowi mengungkapkan hal itu dalam sebuah wawancara dengan Reuters.

Pengiriman tim itu juga akan menjadi bagian dari promosi Indonesia tentang Undang-Undang Cipta Kerja yang menyederhanakan berbisnis di Indonesia.

"Minggu depan kami akan mengirimkan tim besar ke Amerika dan Jepang, untuk mempromosikan Omnibus," kata Jokowi dilansir dari Reuters, Jumat (13/11/2020).

(hns/hns)