Siap-siap! Vaksin Gratis Dimulai Januari 2021

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 16 Des 2020 17:07 WIB
Regulator Obat Eropa Akan Setujui Vaksin Corona Sebelum Natal?
Ilustrasi/Foto: DW (News)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memberikan pernyataan bahwa vaksin COVID-19 akan diberikan gratis untuk masyarakat. Lalu kapan vaksin gratis itu mulai disebarkan?

Jokowi mengatakan, proses vaksinasi akan dimulai Januari mendatang. Proses vaksinasi akan lakukan secara bertahap.

"Nanti dimulai bulan Januari akan dilakukan vaksinasi COVID-19 oleh pemerintah. Diberikan gratis kepada masyarakat, tapi ini memang perlu tahapan-tahapan, nanti Januari berapa juta, Februari berapa juta, Maret berapa juta, April berapa," ucapnya saat memberikan bantuan modal kerja kepada pelaku usaha mikro di Istana Jakarta, Rabu (16/12/2020).

Jokowi menegaskan vaksin gratis itu akan diprioritaskan untuk tenaga medis. Mulai dari dokter, suster hingga tenaga kesehatan. Selain itu para aparat TNI dan Polri juga akan didahulukan.

Untuk vaksinasi sendiri pemerintah menargetkan bisa menyuntikkan vaksin kepada 70% penduduk Indonesia atau sekitar 182 juta orang.

Jokowi pun meyakini para pelaku usaha mikro bahwa kondisi ekonomi akan kembali normal setelah vaksinasi dilakukan. Oleh karena itu dia meminta mereka untuk bertahan hingga situasi normal kembali.

"Bayangkan nyuntik 182 juta orang itu butuh berapa bulan. Sehingga kita tetap masih menunggu waktu untuk kembali pada posisi normal lagi. Oleh sebab itu tetap bapak ibu itu harus tahan banting, tahan cobaan. sehingga jangan sampai usaha ini tutup, yang perlu dijaga itu," tuturnya.

(das/eds)