Tesla Mulai Jualan Mobil Listrik di India Tahun Depan

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 28 Des 2020 22:05 WIB
Tesla Model Y
Foto: Tesla.com
Jakarta -

Tesla Inc akan masuk ke pasar India tahun depan. Informasi itu diungkapkan oleh Menteri Transportasi Negara India, Nitin Gadkari kepada harian nasional Indian Express.

Melansir Reuters Senin (28/12/2020), perusahaan pembuat mobil listrik itu masuk ke India dengan mulai melakukan penjualan. Tesla juga tidak menutup kemungkinan untuk mendirikan pabrik perakitan.

Namun pihak Tesla dan kantor menteri India belum memberikan tanggapan terkait informasi tersebut.

India sendiri sudah menyatakan ingin mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak dan mengurangi polusi. Namun upaya India untuk mempromosikan kendaraan listrik sejauh ini terhalang oleh kurangnya investasi di bidang manufaktur dan infrastruktur seperti stasiun pengisian daya listrik.

Mobil listrik pertama yang akan diluncurkan di India adalah Model 3, yang merupakan varian termurah di antara kendaraan Tesla, dengan harga mulai dari US$ 74.739 (5,5 juta rupee India). Pemesanan untuk mobil Tesla di India mulai dibuka pada Januari mendatang.

Pada bulan Oktober, pemerintah Maharashtra telah mengundang Tesla ke negara bagian tersebut, beberapa minggu setelah Chief Executive Officer Elon Musk menyarankan untuk memasuki negara tersebut tahun depan.

(das/dna)