Ribetnya Angkut Vaksin Corona Pfizer, Bagaimana Distribusinya di RI?

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 30 Des 2020 15:37 WIB
Pertama di Dunia, Inggris Izinkan Penggunaan Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech
Foto: DW (News)
Jakarta -

Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech merupakan salah satu jenis vaksin yang ditetapkan pemerintah untuk di Indonesia. Namun masalahnya, vaksin itu perlu penyimpanan khusus dalam suhu dingin minus 70 derajat celsius agar tidak rusak.

Terkait hal itu, Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan pemerintah telah mengantisipasinya dalam model kerja sama yang dilakukan dengan Pfizer. Nantinya Indonesia akan dipinjamkan penyimpanan khusus untuk menjaga suhu agar vaksin Corona tetap terjaga efektivitasnya.

"Mereka akan meminjamkan storage khusus yang ultra low temperature ke daerah-daerah yang memang memungkinkan untuk diberikan vaksinasi," kata Honesti dalam konferensi pers virtual di Biofarma, Bandung Rabu (30/12/2020

Oleh karenanya vaksin itu tidak bisa didistribusikan ke semua daerah Indonesia. Vaksin COVID-19 Pfizer nantinya hanya akan didistribusikan ke daerah yang memang dianggap memungkinkan untuk distribusi penyimpanannya dan diberikan vaksin itu.

"Jadi khusus Pfizer ini memang harus lebih selektif dan hati-hati untuk memilih lokasi-lokasi, di mana lokasi itu memang siap untuk dilakukan pemberian vaksin Pfizer ini," tuturnya.

Vaksin ini merupakan salah satu jenis yang berbeda dari vaksin lainnya yang cukup disimpan pada temperatur antara 2 sampai 8 derajat Celcius. Namun Pfizer sudah mengklaim bahwa vaksin COVID-19 mereka efektif 95%.

(dna/dna)