15 Juta Bulk Vaksin COVID Masuk RI Minggu Depan, Jokowi Bilang Ini

Hendra Kusuma - detikFinance
Selasa, 05 Jan 2021 15:14 WIB
Vaksin Virus Corona Menuju RI
Foto: Vaksin Virus Corona Menuju RI (Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan, pemerintah terus berupaya mempercepat pengadaan vaksin virus Corona guna mendorong percepatan upaya RI keluar dari cengkraman pandemi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan, ada sekitar 15 juta bahan baku vaksin (bulk) akan datang ke tanah air pada pekan depan. Kedatangan 15 juta bahan baku vaksin ini akan menambah stok yang dimiliki oleh Indonesia.

"Insha Allah minggu depan juga akan datang lagi 15 juta vaksin dalam bentuk bahan baku, bulk, yang nanti akan diproduksi Bio Farma," kata Jokowi seperti yang dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (5/1/2021).

Setelah diolah menjadi vaksin COVID-19 siap pakai oleh Bio Farma, lanjut Jokowi, vaksin-vaksin ini akan langsung didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia.

"Langsung nanti jadi kirim ke daerah lagi untuk vaksinasi. Yang pertama memang prioritasnya di tenaga kesehatan, dokter, perawat yang ada di RS, kedua TNI Polri, dan guru, dan langsung juga berbarengan dengan itu masyarakat," ungkapnya.

Meski begitu, Jokowi titip kepada seluruh masyarakat Indonesia agar tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun hingga program vaksinasi COVID-19 benar-benar diselesaikan.



Simak Video "Chili Setujui Penggunaan Darurat Vaksin Corona Sinovac"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/dna)