Jalin Hubungan dengan Staf, Dirkeu Produsen Obat Raksasa AS Mundur

Vadhia Lidyana - detikFinance
Rabu, 10 Feb 2021 10:13 WIB
ilustrasi pacaran
Ilustrasi/Foto: thinkstock
Jakarta -

Direktur Keuangan Eli Lilly, Josh Smiley mengundurkan diri dari perusahaan. Eli Lilly adalah produsen obat raksasa dari Amerika Serikat (AS) yang telah berdiri sejak tahun 1876.

Smiley mengundurkan diri setelah terungkap menjalin hubungan yang tidak pantas dengan beberapa staf perusahaan. Hubungan itu terungkap dari hasil investigasi independen. Selama ini, memang sudah ada dugaan adanya jalinan hubungan pribadi yang tidak pantas antara Smiley dengan lebih dari satu orang staf.

Padahal, Smiley telah bekerja di perusahaan tersebut sejak 1995. Ia baru menjabat sebagai Direktur Keuangan selama hampir 3 tahun sejak dipromosikan pada tahun 2018.

"Investigasi mengungkapkan hubungan pribadi yang didasari atas perasaan saling suka dengan lebih dari satu karyawan. Pimpinan Lilly menilai Smiley telah menunjukkan perilaku yang buruk," tulis pernyataan resmi perusahaan seperti yang dikutip dari CNN, Rabu (10/2/2021).

Namun, perusahaan tak memberikan keterangan rinci terkait hubungan Smiley dengan beberapa staf maupun bentuk komunikasi yang terjalin secara tidak pantas selama ini.

"Lilly meminta semua karyawan bertanggung jawab pada nilai-nilai perusahaan, dan percaya bahwa pejabat eksekutif perusahaan memikul beban yang lebih tinggi dalam memastikan nilai-nilai itu ditegakkan. Namun, Smiley tidak memenuhi standar itu," lanjut isi pernyataan resmi perusahaan.

Smiley digantikan oleh Anat Ashkenazi yang sebelumnya menjabat sebagai Vice President Lilly Research Laboratories. Ashkenazi telah bekerja di Eli Lilly selama 20 tahun.

Perusahaan mengatakan, Smiley dapat membantu dalam masa transisi jabatan tersebut. Perusahaan menegaskan, kepergian itu tak ada kaitannya dengan kendali keuangan, laporan keuangan, masalah, atau penilaian bisnis lainnya.

(vdl/ara)