Selain Sinopharm, Vaksinasi Mandiri Bisa Gunakan Produksi Moderna

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 26 Feb 2021 17:09 WIB
Vaksin Moderna dinyatakan aman dan efektif, selangkah lagi dapat izin penggunaan darurat di AS
Foto: BBC World
Jakarta -

PT Bio Farma (Persero) Tbk mulai melakukan pembicaraan dengan sejumlah produsen vaksin dari luar negeri. Itu dilakukan untuk pengadaan program vaksin gotong-royong.

Beberapa produsen yang telah diajak melakukan pembicaraan adalah Sinopharm dari China dan Moderna dari Amerika Serikat (AS).

"Saat ini Bio Farma sudah mulai menjajaki dan melakukan pembicaraan suplai vaksin dengan prinsip harus berbeda dengan vaksin program pemerintah, yaitu contohnya kami mulai bekerja sama melakukan pembicaraan dengan Sinopharm, ini perusahaan vaksin dari Beijing China dengan platform teknologi inactivated," kata Juru Bicara Bio Farma untuk Vaksinasi Bambang Heryanto dalam konferensi pers virtual, Jumat (26/2/2021).

Jenis vaksin inactivated itu, lanjut dia sama seperti vaksin produksi Sinovac. Pengadaan vaksin dari Sinopharm rencananya akan dilakukan oleh anak perusahaan holding farmasi, yaitu PT Kimia Farma Tbk.

Selain vaksin Sinopharm, Bio Farma juga membuka peluang pengadaan vaksin Moderna.

"Yang kedua ini kita sedang menjajaki kerja sama dengan Moderna, vaksin dari Amerika Serikat dengan platform MrNa," sebut Bambang.

"Tentu kami akan berkoordinasi erat dengan berbagai pihak, terutama Kementerian Kesehatan untuk menyiapkan agar seluruh program vaksinasi baik program vaksinasi pemerintah maupun program vaksinasi gotong-royong bisa berjalan lancar dan baik," tambahnya.

(toy/eds)