Menperin Rayu Mazda Bangun Pabrik Pertama di RI

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 11 Mar 2021 19:15 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang/Foto: Dok. Kementerian Perindustrian
Jakarta -

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita hari ini melakukan pertemuan dengan pabrikan otomotif Jepang, Mazda. Kedatangan Agus untuk merayu Mazda membangun pabrik di Indonesia.

Dia menjelaskan saat ini perusahaan otomotif tersebut belum memiliki pabrik di Indonesia. Jika negosiasi tersebut sukses maka Mazda akan membangun pabrik pertamanya di RI.

"Pada pertemuan dengan Mazda memang Mazda selama ini memang belum mempunyai pabrik di Indonesia, dan memang upaya kami untuk mendorong agar mereka sesegera mungkin bisa melakukan investasi ke Indonesia," kata Agus dalam konferensi pers virtual, Kamis (11/3/2021).

Agus menjelaskan bahwa potensi pasar otomotif di Indonesia masih menjanjikan. Apalagi kepemilikan kendaraan di dalam negeri ini masih relatif rendah dibandingkan negara lain.

"Kita meyakinkan Mazda bahwa market Indonesia itu sangat besar, bahwa rasio kepemilikan kendaraan di Indonesia masih terlalu kecil, artinya potensi untuk investor masuk masih sangat baik," sebutnya.

Dijelaskan Agus bahwa pihaknya akan kembali menindaklanjuti peluang investasi Mazda di Indonesia. Dia akan berkunjung ke Jepang lagi pada Mei mendatang.

Untuk saat ini, lanjut dia, Mazda akan segera mempertimbangkan dan akan segera melakukan perhitungan terhadap kebutuhan investasi di Indonesia.

"Nanti ketika kami kembali ke Jepang dan mudah-mudahan pada bulan Mei setelah lebaran nanti kita akan mendengar dari Mazda bagaimana progresnya terhadap kemungkinan mereka melakukan investasi di Indonesia," tambah Agus.

(toy/ara)