Diskon PPnBM Mobil Baru Mau Diperluas Lagi? Ini Jawaban Menperin

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 09 Apr 2021 13:19 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita/Foto: Dok. Kemenperin
Jakarta -

Pemerintah memberikan diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DTP) untuk mobil segmen sedan dan 4x2 dengan kapasitas silinder mesin di bawah 1500 cc sejak Maret 2021.

Kemudian per April, pemerintah memperluas diskon bagi pembelian mobil segmen 4x2 serta 4x4 dengan kapasitas silinder mesin 1.501-2.500 cc. Apakah ada rencana diskon pajak pembelian mobil kembali diperluas?

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menerangkan diskon PPnBM diberikan untuk mobil yang local purchase atau pembelian lokalnya minimal 60%. Sementara untuk mobil dengan cc di atas 2.500 belum ada yang memenuhi syarat tersebut.

"Saya kira mobil cc yang di atas 2.500 kita lihat datanya itu masih belum ada yang mereka melakukan local purchase-nya di atas 60%. Jadi masih (mobil) cc di bawah 2.500 itu yang 60% local purchase-nya," kata dia dalam konferensi pers virtual, Jumat (9/4/2021).

Namun, mobil di atas 2.500 cc tidak perlu berkecil hati. Agus menerangkan, produsen kendaraan dengan silinder mesin di atas 2.500 cc saat ini bisa mendorong peningkatan local purchase hingga mencapai 60%.

Mengapa demikian? Sebab kata Agus tidak ada yang tahu bila sewaktu-waktu pemerintah kembali memberlakukan kebijakan berupa diskon PPnBM. Dengan memenuhi syarat local purchase minimal 60%, kendaraan di atas 2.500 cc juga bisa mendapatkan diskon.

"Kita nggak tahu beberapa tahun ke depan mungkin setelah ini kebijakan relaksasi PPnBM ini berakhir, kita juga bisa merumuskan kebijakan yang sama. Jadi jangan sampai ada perusahaan/produsen otomotif yang ketinggalan kereta karena dia nggak mau melakukan local purchase lebih besar di Indonesia," tambahnya.

(toy/ara)

Tag Terpopuler