RI Punya Gudang Canggih Khusus Pupuk

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 11 Apr 2021 21:27 WIB
PT Pupuk Indonesia (Persero) mencatatkan kinerja positif di sepanjang satu tahun Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah kepemimpinan Erick Thohir,
Ilustrasi Gudang Pupuk
Jakarta -

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics telah meresmikan Gudang Modern Unit Pengantongan Pupuk (UPP) yang berlokasi di Kompleks Pergudangan BGR Logistics Divisi Regional Medan. Gudang ini memiliki kelebihan peningkatan produktivitas 3 kali lipat hingga mengimplementasikan teknologi IT.

Direktur UTama BGR Logistics M Kuncoro Wibowo menjelaskan bahwa Gudang Modern UPP Medan merupakan revitalisasi dari 8 gudang dengan total luas gudang eksisting seluas 11.520 m2 dengan maksimal daya tampung pupuk sebanyak 28.750 ton. Setelah dilakukan revitalisasi yang dimulai sejak akhir 2019 kini total luas gudang UPP menjadi 18.776 m2 dengan kapasitas penyimpanan pupuk menjadi sebanyak 46.000 ton.

Dengan adanya revitalisasi ini produktivitas bagging menjadi meningkat. Semula produktivitas hanya mencapai 1000 ton/hari sekarang bisa sampai 3000 ton/hari. Proses revitalisasi yang dilakukan BGR Logistics bersinergi dengan PT Nindya Karya (Persero) & PT Virama Karya (Persero).

Dengan adanya gudang modern UPP Medan ini dapat mengurangi biaya sewa Gudang senilai Rp 5,7 miliar pertahun.

"Pembangunan ini dilakukan sebagai upaya peningkatan service level kepada para pelanggan pupuk yang 44 tahun telah menjadi pelanggan setia BGR Logistics. Kecepatan, ketepatan dan keamanan dalam pengelolaan pupuk curah menjadi prioritas perusahaan dengan implementasi IT, yaitu Warehouse Integrated Application (WINA) serta pergerakan armada kami dalam mengankut pupuk curah diimplementasikan Fleets Integrated and Order Application (FIONA)," terangnya dalam keterangan tertulis, Minggu (11/4/2021).

Dia menjelaskan Gudang UPP itu merupakan bentuk sinergi dan penghematan BGR Logistics dengan Perusahaan BUMN lainnya. Menurutnya dengan begitu bisa memberikan support serta kontribusi bersama kelompok Klaster Pangan.

Asisten Deputi Bidang Industri Pangan & Pupuk Kementerian BUMN RI Zuriyati Simbolon mengatakan bahwa dalam 5 tahun terakhir ini BGR Logistics telah berubah menjadi lebih inovatif dan nantinya akan mampu menjadi Supply Chain Integrator dari Holding BUMN Klaster Pangan.

Ketua BUMN Klaster Pangan, Arief Prasetyo Adi menilai inovasi yang diusung oleh BGR Logistics telah mendapatkan kepercayaan dari beberapa perusahaan FMCG (Fast Moving Consumers Goods). Dengan adanya gudang Unit Pengantongan Pupuk Ini nantinya akan mempercepat distribusi pupuk serta sangat memberikan manfaat untuk sektor pertanian.



Simak Video "Timbunan Rudal di Gudang Rahasia Iran"
[Gambas:Video 20detik]
(das/dna)