Buruh Keberatan Biaya Vaksinasi Gotong Royong Rp 879.000/Orang

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 16 Mei 2021 22:02 WIB
Sudah Vaksin Covid-19, Apa Benar Jadi Aman Makan di Restoran?
Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat
Jakarta -

Pemerintah telah menetapkan biaya vaksinasi gotong royong sebesar Rp 879.140 per pekerja. Jumlah itu berdasarkan hitungan dua kali suntik di mana harga pembelian vaksin sebesar Rp 321.660 per dosis dan tarif maksimal pelayanan vaksinasi sebesar Rp 117.910 per dosis.

Sekretaris Jenderal Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI), Timboel Siregar menilai harga yang ditetapkan itu relatif mahal dibandingkan program vaksinasi yang seluruhnya dibiayai oleh pemerintah.

"Harga vaksinasi gotong royong sebesar Rp 879.140,- per pekerja akan membebani pengusaha, terlebih lagi bagi pengusaha yang memiliki banyak pekerja (pada sektor padat karya)," katanya dalam keterangan tertulis yang dikutip detikcom, Minggu (16/5/2021).

Timboel memprediksi dengan harga sebesar itu, banyak perusahaan yang enggan melakukan vaksinasi gotong royong. Hal itu dikarenakan banyak pengusaha yang terdampak COVID-19 dan cash flow-nya belum pulih sepenuhnya.

"Saya menilai dengan harga yang mahal tersebut akan banyak perusahaan yang enggan untuk mengadakan vaksinasi gotong royong sehingga percepatan pelaksanaan vaksinasi akan terkendala. Memang vaksinasi gotong royong penting tetapi pengusaha akan lebih memprioritaskan kepastian cash flow perusahaan untuk membeli bahan baku dan membayar upah pekerja, dengan tetap berharap diberikannya vaksinasi program kepada para pekerja dan keluarganya yang dibiayai pemerintah," tuturnya.

Timboel meminta pemerintah meninjau ulang biaya vaksinasi gotong royong yang telah ditetapkan tersebut. Pemerintah diharapkan dapat menurunkan dan mendiskusikan lagi dengan kalangan pengusaha agar harga satu dosis vaksin gotong royong bisa diturunkan.

"Biaya penyuntikan senilai Rp 117.910 per dosis (atau Rp 235.820 per pekerja untuk dua kali suntik) hendaknya digratiskan, dan proses vaksinasi gotong royong dapat dilakukan di fasilitas Kesehatan tempat pelaksanaan vaksinasi program," sarannya.

"Vaksinasi COVID-19 untuk seluruh rakyat Indonesia adalah tanggung jawab Pemerintah. Dengan keterbatasan suplai vaksin dan alokasi APBN/APBD untuk membiayai vaksinasi, peran serta pengusaha untuk membiayai vaksinasi gotong royong adalah baik namun pemerintah harus juga mengukur kemampuan pengusaha untuk membiayainya," tambahnya.

Lihat Video: Resmi! Pemerintah Tetapkan Harga Vaksin Gotong Royong Rp 500.000/Dosis

[Gambas:Video 20detik]



(aid/dna)