BUMN Ini Bakal Jadi Nakhoda Industri Alutsista Berbasis Elektronik

Wisma Putra - detikFinance
Jumat, 04 Jun 2021 14:16 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang kunjungi PT Len Industri
Foto: Dok. Humas PT Len Industri: Menteri Perindustrian Agus Gumiwang kunjungi PT Len Industri
Bandung -

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita kunjungan kerja ke PT Len Industri di Kota Bandung, Jawa Barat. Pantauan detikFinance, Jumat (4/6/2021) sesampainya di perusahaan milik BUMN ini Agus langsung meninjau Radar Len S-200 yang disimpan di juga PT Len dan Ruangan Command, Control, Communication, Computer, Intelegence, Surveillance and Reconnaissance (C4ISR).

Agus mengatakan, peran PT Len untuk mendukung kemandirian alat utama sistem persenjataan (alutsista) berbasis teknologi elektronik itu jadi sangat penting.

"PT Len ditugaskan dan harapan kami bisa menjadi lead intregrator dari kebutuhan alutsista kita berbasis elektronik. Kami juga mengapresiasi strategi PT Len dalam mewujudkan dirinya sebagai lead intregrator dengan fokus pada brainware artinya mengembangkan software-software," katanya kepada wartawan usai kunjungan.

Produk PT Len, menurut Agus bisa membantu Indonesia dalam menjaga kedaulatan bangsa.

"PT Len selain mendapatkan tugas sebagai lead intregrator dari kebutuhan alutsista berbasis elektronik, juga operasional yang masih dipertahankan PT Len yaitu industri transportasi khususnya dibidang perkereta apian dan juga industri energi baru terbarukan (EBT)," ungkapnya.

Terkait EBT pemerintah sangat mendukung, apalagi untuk mewujudkan green economy.

"Kita pemerintah mendorong apa yang disebut green economy salah satunya solar panel, yang bisa memberikan kontribusi besar, maka dalam waktu dekat PT Len mudah-mudahan kita dukung bisa memproduksi cell," ujarnya.

"Anak-anak bangsa kita bisa memproduksi cell tersebut," tambahnya.

Agus juga mendapatkan, pekerjaan rumah atau catatan dari PT, termasuk fasilitas finance untuk ekspor, juga fasilitas relaksasi impor barang baku untuk produk yang akan di ekspor dan urusan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang akan memperkuat komitmen dan seluruh lembaga, khususnya PT Len dengan Kementerian Pertahanan, Kementerian Perhubungan dan lintas Kementerian.

"Kami dari Kementerian Perindustrian akan mendukung PT Len, seperti yang sudah dibahas bersama dalam kunjungan bersama. Di luar alutsista berbasis elektronik, PT Len mempertahankan dua yaitu transportasi dan EBT," pungkasnya.

(wip/hns)