BUMN Pupuk Mau Bangun Pabrik Kieserite, Apa Itu?

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 11 Jun 2021 08:15 WIB
Memasuki musim tanam awal tahun 2021, PT Pupuk Indonesia (Persero) menyiapkan stok pupuk subsidi dan non subsidi untuk petani.
Foto: Dok. Pupuk Indonesia
Jakarta -

Anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Petrokimia Gresik bersama dengan PT Polowijo Gosari sepakat melakukan kajian untuk membangun pabrik pupuk kieserite. Kesepakatan ini tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di Jakarta.

Nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo dan Direktur Utama Polowijo Gosari Indonesia Deddy Harnoko Sucahyo, serta disaksikan oleh Direktur Utama Pupuk Indonesia Bakir Pasaman dan Senior Advisor Polowijo Gosari Indonesia, Soegiharto.

Bakir menyambut hangat kesepakatan ini. Menurutnya, pendirian pabrik pupuk kieserite memiliki potensi yang sangat besar bagi seluruh pihak yang terlibat, baik Pupuk Indonesia, Polowijo Gosari Indonesia, serta Petrokimia Gresik selaku anak perusahaan.

"Kajian pendirian pabrik pupuk Kieserite ini sejalan dengan upaya transformasi bisnis Pupuk Indonesia untuk melakukan diferensiasi usaha, serta sesuai dengan visi untuk menjadi perusahaan penyedia nutrisi tanaman dan solusi pertanian berkelanjutan," jelas Bakir dalam keterangannya, Jumat (11/6/2021).

Menurutnya, potensi pasar pupuk kieserite sendiri masih sangat besar mengingat saat ini kebutuhannya di Indonesia masih banyak dipenuhi melalui impor. Ia berharap kerjasama ini dapat bersifat jangka panjang mengingat masih banyak pasar potensial yang perlu diisi melalui produk pupuk seperti ini.

"Peluangnya besar, dan kita juga bisa kembangkan produk pupuk lain," kata Bakir.

Apa itu pupuk kieserite? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Tag Terpopuler