300 Ribu Mobil Listrik Tesla Buatan China Bermasalah Kena Recall

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 27 Jun 2021 13:19 WIB
Mobil listrik Tesla Model 3 di China kalah laris dari Hong Guang Mini
Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Regulator China mengatakan Tesla akan melakukan 'recall' kepada hampir 300.000 mobil listrik Model 3 dan Model Y buatan China. Itu dilakukan untuk pembaruan perangkat lunak online terkait dengan bantuan pengemudi.

Recall adalah tanggungjawab produsen untuk memperbaiki atau melakukan pergantian pada komponen yang bermasalah pada kendaraan, termasuk yang sudah di tangan konsumen.

Dilansir CNBC, Minggu (27/6/2021), recall yang dilakukan tersebut tidak mengharuskan pemilik mobil listrik Tesla mengembalikan kendaraan mereka.

Administrasi Negara untuk Peraturan Pasar mengatakan di situs webnya bahwa langkah itu terkait dengan fungsi bantuan mengemudi di mobil listrik, yang saat ini dapat diaktifkan oleh pengemudi secara tidak sengaja sehingga menyebabkan akselerasi mendadak.

Perangkat lunak online jarak jauh 'recall' yang pertama untuk mobil Tesla yang dibuat di China, mencakup 249.855 mobil Model 3 dan Model Y buatan China dan 35.665 sedan Model 3 yang diimpor.

Tesla, yang sekarang membuat sedan Model 3 dan kendaraan sport Model Y di Shanghai menjual 33.463 mobil listrik buatan China pada Mei.

(toy/zlf)